Apa saja yang harus diperhatikan agar skill kerja meningkat

Dalam bekerja, tentu dibutuhkan kemampuan atau skill yang perlu diasah terus menerus.  Semakin skill diasah, maka skill akan menjadi lebih tajam dan berkembang. Kemampuan atau skill yang baik adalah poin yang sangat penting untuk pengembangan karir. Bukan tanpa alasan mengingat skill merupakan aset yang berhubungan erat dengan bidang pekerjaan yang digeluti.

Jika kamu sudah mendapatkan pekerjaan, jangan semangat di awal saja dan loyo jika sudah menjadi karyawan lama. Justru sebaliknya, kamu harus terus meningkatkan kemampuan agar tidak tersingkir dengan karyawan yang baru.

Sekarang ini banyak lulusan baru yang lebih cekatan dan memiliki banyak ide sehingga kemungkinan akan lebih dicari perusahaan. Jika kamu mulai kerja asal-asalan, ngawur, atau tak terarah, ingatlah ada banyak orang yang berniat melamar di posisi kamu. Semakin performa kamu menurun, semakin kamu terancam untuk di PHK.

Untuk itulah, agar kamu menjadi karyawan yang teladan, tentunya skill harus semakin ditingkatkan. Nah, cara meningkatkan skill bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Namun, yang paling penting harus dimulai dari diri kamu sendiri.

Mulailah untuk tidak malas ketika berangkat bekerja. Kamu harus memiliki jiwa dan rasa yang penuh semangat untuk bekerja agar pada saat sampai di kantor, aura positif ada pada kamu sendiri.

Hindari menunda pekerjaan. Hal sebaliknya yang justru penting dilakukan, yakni menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Bahkan, semakin banyak pekerjaan diselesaikan sebelum target yang ditetapkan, akan semakin baik bagi kinerja kamu sendiri.  

Bila diberi tugas oleh atasan, segera lakukan dengan baik dan cepat. Jika kita menunda-nundanya, pasti kerjaan akan menumpuk karena ditambah dengan tugas-tugas baru.

Selain itu, atur waktu dan prioritas untuk belajar secara mandiri. Apalagi dengan kemajuan media sosial saat ini, banyak pilihan kursus online yang menarik untuk dicoba. Kamu bisa mengikuti kursus yang sekiranya sesuai dengan skill dan bidangmu. Banyak di antaranya juga tersedia gratis, tinggal keinginan mencari dan belajar yang perlu dibangun.

Mencari ilmu saat ini cenderung mudah dengan kemajuan internet, pastikan kamu memanfaatkannya dengan optimal untuk mengembangkan skill kamu.

Jika skill tertentu tidak tersedia gratis. Investasikan uang gaji untuk meningkatkan skill.  Karena bagaimanapun, kamu yang akan memiliki skill tersebut dan bisa meningkatkan nilai jual saat mencari pekerjaan baru.

Sejatinya, masih banyak cara dalam meningkatkan skill. Namun yang pasti, sebagai karyawan, kita yang harus memulai dengan mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik selama bekerja. Tanggung jawab harus ditunjukkan dengan dedikasi yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *