Tips Penting untuk Millennial Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Kalangan millennial merupakan generasi terbaru yang memasuki dunia pekerjaan dan karena masih muda dan berenergi, seringkali menjadi incaran bagi perusahaan. Generasi millennial telah menjadi kelompok terbesar dalam golongan pekerja di masa depan.

Para millennial seringkali disebut sebagai generasi serba instan oleh para generasi sebelumnya, seperti Generasi X dan Baby Boomers. Millennial bahkan tak jarang dicap sebagai generasi ‘malas’ dan narsis. Namun di sisi lain, generasi millennial dipuji karena memiliki ambisi, tekad, kemampuan adaptasi yang baik, semangat besar, dan kreativitas yang tidak pernah habis. Mereka juga tidak ragu mencoba hal-hal baru dan memiliki jiwa mandiri yang sering kali dianggap sebagai aset perusahaan. Saat ini, generasi millennial mulai membanjiri bursa kerja dengan cepat dan pada 2025 diperkirakan generasi millennial akan memenuhi 75% bursa kerja dunia.

Berikut lima tips penting untuk generasi millenial sebelum memasuki dunia yang untuk memiliki karir yang cemerlang dan menjanjikan:

1. Perluas jaringan

Bila saat ini jaringan yang Anda miliki hanya terbatas teman kuliah, dosen dan orang-orang sekitar kampus, maka Anda harus mulai menambah orang-orang dari dunia kerja. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperluas jaringan, mulai dari mengikuti kegiatan magang di perusahaan, ambil bagian dari kegiatan komunitas yang relevan dengan pendidikan dan minat Anda, serta menghadiri kegiatan positif yang memungkinkan untuk bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki keterkaitan dengan latar belakang pendidikan Anda.

2. Perluas wawasan

Jangan pernah berhenti untuk mendapatkan informasi dan menambah wawasan Anda diluar dari ilmu serta pengetahuan yang diberikan di bangku kuliah. Jadilah pribadi yang aktif dan selalu ingin tahu akan semua perkembangan yang ada di lingkungan sekitar. Hal ini juga akan membantu saat sedang melakukan persiapan mencari loker atau pekerjaan baru, dengan mengetahui semua hal-hal yang sedang terjadi dan baiknya di ketahui.

Saat ini sudah banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk menambah wawasan, mulai dari membaca buku, browsing di internet, koran dan masih banyak lagi. Sudah seharusnya generasi muda menjadi generasi yang cekatan dan haus akan informasi.

3. Jaga kesehatan

Usia muda merupakan usia dimana Anda saat ini sedang berada dalam posisi puncak terkait dengan stamina yang dimiliki. Untuk itu selalu jaga dan perhatikan kesehatan tubuh, dengan cara berolahraga, hindari merokok dan makan terlalu berlebihan. Investasikan kesehatan tubuh Anda, agar selalu bugar, sehat dan semangat menjalani aktivitas yang ada.

4. Manfaatkan uang dan waktu untuk pendidikan

Usia muda merupakan waktu yang tepat untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya. Untuk itu pastikan Anda mendapatkan informasi, pendidikan dan pengetahuan yang cukup sebagai bekal karir di masa mendatang. Gunakan uang sebaik-baiknya untuk mengembangkan potensi diri dan memperkaya wawasan dan pendidikan, sebelum Anda bersiap masuk dunia kerja.

5. Belajar keterampilan baru

Pelajarilah ragam ilmu dan keterampilan yang Anda sukai dan berpotensi untuk dijadikan pilihan karir di masa mendatang. Saat ini sudah banyak pelatihan dan training yang bisa dijadikan pilihan oleh Anda, kursus online ataupun belajar mandiri bisa dijaddikan pilihan bila ingin cepat menguasai ilmu baru. Mempelajar skills terkait IT jika Anda bukan orang IT, selain memberikan wawasan baru juga membuka peluang kerja Anda menjadi lebih luas. Misal, belajar tentang programming, coding, machine learning, dan data science. Manfaatkan waktu luang untuk berlatih dan menambah ilmu yang bisa berguna untuk karir profesional Anda.

Sumber: https://bit.ly/2KShb27

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *