Tips Mengatasi Grogi

Grogi atau nervous seringkali menghampiri tanpa undangan. Momen yang paling terasa adalah pada saat akan melakukan presentasi, wawancara kerja, menemui atasan, atau memasuki lingkungan kerja baru. Berikut tips untuk mengatasi grogi:

  1. Mengatur nafas. Coba ingat-ingat, bahwa grogi juga salah satu bentuk kepanikan dalam level lebih ringan. Perasaan cemas dan panic ini memicu adrenalin yang menyebabkan kita bernafas lebih pendek, cepat dan tidak teratur.
  2. Minum air (putih).Adrenalin juga dapat menyebabkan mulut terasa kering sehingga lidah terasa/menjadi kelu. Bisa juga merambat pada kerongkongan yang terasa kering.
  3. Adalah hal paling sederhana dan natural yang dapat mengalirkan sensasi positif ke seluruh tubuh Anda, selain juga untuk lingkungan.
  4. Teknik visualisasi. Teknik ini berguna untuk banyak seting, termasuk dalam sesi latihan para atlet. Jika Anda akan melakukan presentasi, bayangkan proses presentasi, mulai dari mengenalkan diri, berinteraksi dengan audiens, ekspresi wajah audiens, tempat presentasi, hingga reaksi yang akan muncul. Kalau terjadi reaksi di luar bayangan Anda, setidaknya Anda telah membekali diri dengan keyakinan diri yang cukup, karena itu, perkuat dengan informasi yang memadai dan tepat.
  5. Pijatan ringan.Coba tekan dan beri pijatan ringan pada kening Anda. Teknik relaksasi kecil ini berfungsi membawa energy dari otak depan dan pusat bicara di otak.
  6. Beri jeda, kontak mata, dan senyum. Sejenak sebelum Anda berbicara atau presentasi, tarik nafas dalam, lakukan kontak mata dan tersenyumlah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *