Tips Membuat Resume Secara Online

Mencari pekerjaan di era saat ini sedikit berbeda dengan era sebelumnya. Saat ini untuk melamar pekerjaan bisa dilakukan via online. Banyak platform yang dipilih untuk memuat resume dan CV secara online, apakah itu melalui Twitter, Facebook, Linkedin, Blog dan masih banyak lagi. Namun tahukah Anda, jika tidak diterapkan dengan benar media-media online ini akan menjadi sia-sia dan sedikit mendapatkan respon dari perusahaan.

“Tidak ada kesempatan kedua dalam membuat kesan pertama”, begitulah kata pepatah. Dalam hal mencari kerja, resume atau curriculum vitae (CV) menjadi pintu untuk memperkenalkan diri Anda saat melamar kerja di sebuah perusahaan.

Setiap harinya, HRD menerima banyak sekali surat lamaran. Riset membuktikan HRD memiliki waktu rata-rata kurang dari satu menit untuk membaca sebuah CV. Bahkan ada perekrut yang hanya membutuhkan waktu enam detik per resume. Karenanya, penting untuk mempertimbangkan apa yang harus dan tidak disarankan ada di CV. Kuncinya, pintar-pintarlah menempatkan diri di posisi rekruter.

Artikel berikut ini akan membahas 4 tips ampuh membuat resume Anda efektif secara online.

Buat resume yang menarik

Yang perlu diperhatikan adalah, jangan pindahkan CV dan resume Anda dalam format yang ada kedalam media online. Jika Anda ingin memuat CV dan resume dalam Linkedin, coba buat lagi kerangka yang menarik dan tepat untuk profile di Linkedin, jangan hanya memindahkan data dan informasi yang ada di format words CV dan resume Anda ke media online. Buatlah perbedaan yang ada mulai dari pemilihan kalimat, profile foto dan hal-hal terkait lainnya.

Blog

Jika Anda memilih blog untuk penempatan CV dan resume Anda secara online yang perlu diperhatikan adalah, jangan menempatkan CV dan resume Anda di halaman depan blog. Muatlah CV dan resume Anda di kanal khusus yang terpisah namun tetap mudah di akses dan dilihat oleh perusahaan. Pastikan CV dan resume di blog sarat dengan informasi yang lengkap, tepat dan informatif, hindari terlalu banyak menuliskan informasi dan fokus kepada hal-hal yang relevan saja.

Twitter

Banyak lowongan serta peluang kerja tersebar di informasi, untuk itu jika saat ini Anda tertarik untuk mempromosikan diri di Twitter, pastikan postingan Anda terkait dengan pekerjaan, pengetahuan hingga pengalaman. Hindari untuk menuliskan status yang tidak relevan dan bersifat pribadi, jadikan Twitter sebagai media yang berisikan pengetahuan serta wawasan Anda sesuai dengan pekerjaan terkait.

Website profesional

Jika Anda berniat untuk memiliki website atau situs profesional dengan nama Anda sebagai alamat URL, pastikan CV dan resume Anda mudah di unduh, dilengkapi dengan foto-foto penunjang dan hal-hal lainnya yang bisa dengan mudah dilihat oleh perusahaan.

Sumber: https://bit.ly/33QBKWE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *