Tips Memanfaatkan Job Fair

Salah satu jenis pameran yang dijamin pasti akan berhasil dan ramai pada saat krisis ekonomi adalah pameran pekerjaan atau job fair. Akhir-akhir ini semakan banyak saja lembaga yang melakukan job fair, tidak hanya dari universitas, tetapi juga perusahaan rekrutmen. Pencari kerja pun berbondong-bondong mendatangi pameran seperti ini, tidak masalah meskipun harus membayar untuk tiket masuk.

Ketika datang mengunjungi pameran seperti ini, manfaatkanlah sebaik mungkin. Pameran karir/career fair atau sering juga disebut job fair atau ada juga yang menyebut career day adalah tempat yang tepat untuk bertemu calon pemberi pekerjaan baru serta bahkan bisa langsung melakukan wawancara untuk mendapatkan pekerjaan. Tetapi jangan hanya datang membawa 20 copy resume Anda saja tanpa membuat persiapan apa-apa. Anda perlu mempersiapkan sedikit strategi.

Pertama, tentu saja, pastikan resume Anda telah ditulis dengan baik, rapi, tanpa kesalahan. Cetaklah rangkap berapa banyak yang Anda perlukan, jangan difotokopi, karena tentu saja kualitasnya akan lebih baik.

Sebelum datang ke pameran, bacalah terlebih dahulu keterangan mengenai pameran tersebut. Ketahuilah siapa saja perusahaan yang akan ikut berpameran. Kalau memungkinkan, lakukan semacam riset untuk mengetahui tenang perusahaan yang ikut berpameran. Dengan begitu, ketika berbicara dengan perwakilan perusahaan, Anda bisa tampil lebih percaya diri dan meyakinkan.

Selain itu dengan pengetahuan ini, Anda bisa fokus pada perusahaan-perusahaan yang menarik minat Anda saja, tidak perlu melamar membabi-buta kepada setiap perusahaan. Dengan pengetahuan ini juga Anda bisa menulis surat lamaran serta resume yang langsung pada sasaran. Ajaklah perwakilan dari perusahaan untuk bercakap-cakap dan tunjukkan bahwa Anda mengerti tujuan dan nilai-nilai perusahaan tersebut.

Persiapkan “pidato singkat” perkenalan tentang diri Anda, apa yang bisa Anda kerjakan, dan mengapa Anda tertarik bekerja di sana. Ketika memberikan resuma Anda pada perekrut, tanyakan apa langkah selanjutnya setelah ini. Jangan lupa, mintalah kartu nama perwakilan perusahaan sehingga Anda bisa menindaklanjuti apabila tidak ada kabar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *