Tips Melakukan Pengembangan Karir

Tidak ada seorang pun pekerja yang ingin karirnya stagnan atau di situ-situ saja. Setiap pekerja pasti ingin punya karir yang berkembang dan menjadi lebih baik dari kondisinya saat ini.

Pengembangan karir merupakan salah satu  langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan posisi jabatan dalam suatu perusahaan. Salah satunya, menjalani proses jalur karir yang telah ditetapkan dalam perusahaan. Promosi ataupun pindah ke perusahaan baru dapat menjadi bentuk lain dari pengembangan karir.

Anda tentu berhak mendapatkan dan menjalani karir yang memenuhi hasrat batin sekaligus memberikan kebahagiaan.  Sebab, ketidakpuasan dalam karir berdampak negatif pada kesehatan mental. Beberapa riset menunjukan mereka yang berusia 20 dan 30 tahunan yang memiliki kapuasan kerja yang rendah, akan berdampak negatif pada kesehatan mental saat menginjak usia 40 tahun ke atas.

Peningkatan kepuasan kerja adalah hal penting. Kepuasan kerja bukan hanya berdampak pada karir, tetap juga kesehatan mental.

Dengan melakukan pengembangan karir, kita dapat menyadari kemampuan dan potensi. Pengembangan karir juga membantu kita mengembangkan keahlian dengan menduduki jabatan tertentu, yang tentunya mendorong kita untuk terus belajar dan mengasah kemampuan kerja.

Bentuk-bentuk pengembangan karir tergantung pada jalur karir yang direncanakan oleh masing-masing organisasi. Bagaimana suatu perusahaan menentukan suatu jalur karir bagi karyawannya tergantung pada kebutuhan dan situasi perusahaan itu sendiri, namun begitu umumnya yang sering dilakukan perusahaan adalah melalui pendidikan dan pelatihan, promosi serta mutasi.

Untuk mendapatkan posisi karir terbaik ataupun pekerjaan yang diincar banyak orang, maka kita juga harus siap bersaing. Bukan dengan rekan kerja atau kandidat lainnya, tetapi dengan diri sendiri. Bagaimana diri kita hari ini menjadi lebih baik dari diri kita yang kemarin. Saat kita menyadari hal ini, maka mendapatkan karir yang baik tampak seperti sebuah perjuangan yang walau berat, hasilnya akan sepadan dengan perjuangannya.

Jangan pernah menyerah untuk mewujudkan potensi diri yang terbaik. Selama kita tidak berhenti berjalan, tidak menyerah, terus bergerak maju, maka kita pasti akan mendapatkan hasilnya. Terus berjuang, buktikan pada diri sendiri bahwa Anda layak mendapatkan karir dan posisi yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *