Tips Jitu Sukseskan Rapatmu!

Jika saat ini Anda menjabat sebagai seorang pimpinan dan kerap mengadakan pertemuan  dengan staf, berikut ini beberapa poin penting yang wajib diperhatikan agar pertemuan berjalan efektif dan sukses. Belajar dari pengalaman entrepreneur dan pimpinan perusahaan teknologi ternama di dunia, artikel berikut ini akan membantu Anda melakukan pertemuan yang tepat, efektif, dan efisien.

Gary Vaynerchuk, Entrepreneur:

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar waktu pertemuan Anda berjalan dengan efektif adalah menetapkan waktu yang ideal untuk pertemuan Anda. Jika Anda menetapkan waktu 1 jam, kemungkinan besar pertemuan akan berjalan selama 1 jam penuh.  Namun jika Anda membatasi waktu pertemuan hanya 15 menit saja, pertemuan pun bisa berjalan dengan efektif hanya dalam waktu 15 menit. Untuk itu tentukan waktu yang ideal untuk agenda pertemuan Anda.

Steve Jobs, ex-CEO Apple:

Hindari untuk mengundang terlalu banyak staf saat pertemuan dilakukan, dengan demikian pertemuan bisa berjalan lebih cepat dan efektif. Idealnya tentukan terlebih dahulu topik yang ingin dibahas untuk pertemuan dan undang staf yang relevan untuk menghadiri rapat tersebut, dengan demikian hasil rapat dan keputusan bisa diraih dengan cepat dan tepat.

Jeff Bezos, CEO Amazon:

Jika Anda hendak melakukan pertemuan dengan jajaran manajemen Anda, pastikan untuk menghasilkan keputusan rapat yang ideal dan berdasarkan keputusan bersama. Caranya adalah melalui perdebatan serta masukan yang positif ketika pembahasan dalam pertemuan sedang dilakukan. Dengan demikian jajaran manajemen Anda bisa tampil lebih kritis dan bertanggung jawab terhadap semua keputusan yang diambil. Ciptakan suasana yang kompetitif namun tetap fokus kepada pembahasan yang ada.

Sheryl Sandberg, Facebook:

Cara lain yang bisa dilakukan agar pertemuan Anda berakhir sukses adalah melihat hasil pertemuan sebelumnya dan membahas hal apa saja yang telah berhasil diselesaikan dan yang belum sempat diselesaikan. Dengan menggunakan agenda yang ada, Anda sebagai atasan bisa memonitor semua tugas dan pekerjaan yang wajib dipenuhi oleh staf. Jangan lupa untuk membagikan hasil meeting usai pertemuan dilakukan dan meminta progress atau perkembangan kepada staf Anda sebelum pertemuan dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *