Time Management

Ketrampilan mengelola waktu menjadi faktor penting keberhasilan seseorang dalam mencapai target. Salah satu strategi dalam mengelola waktu adalah dengan mengurangi sebanyak mungkin gangguan baik secara fisik atau abstrak. Langkah pertama dalam mempelajari skill mengelola waktu adalah dengan menentukan sedetil mungkin bagaimana kita menggunakan waktu setiap harinya, langkah selanjutnya adalah pelajari lingkungan kerja termasuk tempat tinggal. Secara ringkas, berikut strategi umum untuk memaksimalkan waktu adalah:

  1. Mengenali dan mengevaluasi bagaimana kita menggunakan waktu.
  2. Fokuskan waktu dengan membuat prioritas kerja.
  3. Rencanakan cara pemanfaatan waktu dalam satu hari.
  4. Selalu temukan solusi untuk meningkatkan waktu lebih efektif dari sekarang.
  5. Hilangkan aktivitas yang hanya membuang waktu.
  6. Hindari gangguan.
  7. Tingkatkan skill-skill dasar kerja sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan akurat.
  8. Tentukan berapa banyak waktu berharga yang kita miliki dan maksimalkan nilainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *