Pentingkah memiliki career coach?

Tergantung.

Jika Anda orang yang sudah sangat mengenali diri sendiri, sudah yakin dengan apa yang Anda pilih dan jalani dalam berkarir, Anda mungkin tidak perlu career coach. Demikian juga, jika Anda sudah tahu atau sudah yakin apa yang harus dilakukan jika suatu saat Anda menghadapi mengalami masalah karir yang berat, menghadapi dilema, keraguan diri, ataupun segala hal yang tidak Anda sangka-sangka terjadi, mungkin Anda juga tidak butuh career coach.

Anda butuh career coach jika hal-hal di atas membuat Anda gamang, membuat Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan, membuat Anda butuh kepala lain yang bisa membantu menguraikan benang kusut di kepala Anda. Ya… dalam hidup kita yang sebentar ini, benang kusut datang dan pergi, ada yang kita simpan di pojokan pikiran, ada yang kita bawa-bawa terus sambil kita mengerjakan hal lain, –yang mungkin membuatnya menjadi kusut–. Nah jika Anda ingin menguraikan benang kusut tersebut, benang kusut karir Anda cobalah bertemu career coach.

Seorang career coach tak lebih dan tak lain hanyalah orang yang mengajak Anda untuk lebih mengenali diri sendiri, untuk membimbing Anda menemukan jawaban Anda sendiri dan membuat Anda semakin ahli dengan hidup Anda.

Anda adalah orang yang ahli dengan hidup Anda. Andalah expert hidup Anda. Coach yang baik adalah orang yang open-minded, non-jugdmental, dan tahu benar bagaimana cara membuat Anda menemukan jawaban Anda melalui powerful questions.

Jadi Anda butuh career coach? Atau malah Anda mungkin berbakat jadi career coach…

Silahkan berefleksi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *