Mengapa Magang itu Penting?

Masalah yang sering dihadapi pelamar kerja ketika berhadapan dengan persyaratan atau kualifikasi yang dibutuhkan sebuah lowongan adalah, biasanya lowongan itu meminta pengalaman bekerja 1 atau 2 tahun di bidang yang sama. Tentu saja hal ini bagaikan lingkaran setan! Bagaimana cara seorang lulusan baru mendapatkan 2 tahun pengalaman di dunia kerja, sementara semua lowongan pekerjaan mensyaratkan pengalaman bekerja?

Itulah yang menjawab mengapa magang itu penting. Magang adalah bekerja di suatu perusahaan dengan tujuan mendapatkan pelatihan bekerja di dunia kerja yang nyata. Biasanya magang tidak mendapatkan gaji, hanya mendapatkan pengganti uang transportasi dan makan.

Anda bisa mendapat pengalaman bekerja, yang biasanya berlangsung selama beberapa bulan dalam suatu organisasi. Anda bisa mendapat kesempatan mengamati langsung pengemban suatu pekerjaan, Anda bisa memahami situasi dalam suatu organisasi, memahami berbagai peran di dalam organisasi tersebut, dan bahkan praktik langsung untuk pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda.

Hal paling utama yang perlu diingat dalam situasi ini adalah, anggaplah ini sebuah kesempatan luar biasa untuk membangun jaringan (network) dan akan sangat penting bagi Anda untuk menimbulkan kesan yang baik pada orang-orang di organisasi tersebut sehingga mereka akan memberikan referensi yang baik bagi Anda di masa depan. Atau bahkan perusahaan tersebut akan mempertimbangkan untuk mengangkat Anda sebagai karyawan tetap.

Apabila sulit untuk mendapatkan kesempatan magang di industri yang Anda inginkan, cobalah mencari kesempatan tersebut pada pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan skill yang sama. Misalnya, Anda mencari karir di bidang hukum, Anda bisa mencoba organisasi nirlaba yang memberikan layanan hukum gratis. Semua pekerjaan yang berhubungan akan mendukung dalam CV Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *