Mengantisipasi PHK

Waspadai tanda-tanda berikut bila perusahaan sedang mempertimbangkan PHK. Karena atasan Anda tidak akan mengatakan langsung pada Anda. Mengetahui tanda-tanda ini akan menguntungkan, karena meskipun Anda akan kehilangan pekerjaan, tentu akan lebih baik apabila Anda sudah melakukan persiapan.
Di bawah ini beberapa tanda-tandanya:

1. Anda kehilangan hak istimewa, misalnya: Anda sering bepergian dalam pekerjaan Anda dan jadwal perjalanan Anda dikurangi atau pulsa telepon Anda tidak dibayar dengan alasan penghematan. Mungkin saja alasan itu benar, tetapi apabila dua langkah itu dilakukan dalam waktu berdekatan (misalnya satu minggu), dapat dicurigai sebagai tanda-tanda bahaya.

2. Anda dikeluarkan dari daftar, misalnya: setiap tahun klien besar memberikan parcel atau kartu ucapan kepada setiap orang dalam departemen Anda. Ketika paket-paket itu tiba, tidak ada satu pun paket untuk Anda. Ini salah satu pertanda mungkin klien besar Anda telah mengetahui PHK yang akan terjadi dan posisi Anda adalah salah satunya.

3. Bawahan Anda diajak dalam meeting-meeting besar: Dalam gelombang pertama PHK, biasanya perusahaan suka menggantikan karyawan yang lebih berpengalaman dan lebih mahal, dengan karyawan yang lebih murah dan lebih muda. Hal ini karena langkah tersebut akan memberi dampak yang lebih besar pada perusahaan. Jadi bila Anda melihat bawahan-bawahan Anda mulai semakin sering diajak dalam meeting-meeting yang biasanya hanya terbatas pada kalangan atas, ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa PHK sudah dekat dan karyawan muda sedang dipersiapkan menggantikan posisi yang lebih tua.

4. Anda ditugaskan untuk acara amal perusahaan: Dalam daftar hal-hal terpenting dalam bisnis, mengadakan acara amal perusahaan biasanya masuk dalam kategori yang paling remeh. Jadi bila Anda mendapat tugas mengadakan acara amal untuk bos besar, jangan mengira itu sebagai pujian. Pertama, kegiatan amal memakan waktu, sehingga Anda tidak punya waktu lagi untuk pekerjaanmu yang lain. Kedua, itu bisa saja pertanda perusahaan tidak tahu Anda harus diapain lagi dan menunda-nunda waktu saja sebelum memecat Anda.

5. Kenali kata-kata khasnya: Ketika sering terdengar bahasa seperti “Kita akan memfokus ulang bisnis utama kita,” atau “Kita akan memeriksa kembali efisiensi bisnis kita,” segeralah lari ke komputer terdekat dan mulai mengirim resume Anda ke mana-mana. Bahasa seperti itu biasanya adalah bahasa khas menjelang PHK.

6. Rekan sekerja Anda bosan: Beban kerja yang berkurang adalah tanda yang paling nyata bahwa PHK sudah dekat. Bila Anda sering melihat rekan sekerja Anda bermain games di komputer mereka, maka waspadalah.

7. Anda dikucilkan: Teman-teman Anda mulai tidak mengajak Anda dalam acara-acara mereka karena kemungkinan mereka telah mendengar sesuatu, atau manajemen tidak menugaskan project besar kepada Anda karena pengganti Anda sedang diwawancara.

8. Peningkatan penjagaan keamanan: Perusahaan memastikan karyawan yang di-PHK tidak akan melempar sampah ke muka direktur HR atau memaki-maki CEO, mungkin saja jumlah petugas keamanan ditambah.

9. Para manajer memperketat password komputer mereka: Salah satu tanda PHK sudah dekat, para manager memasang layar privasi sehingga tidak ada yang tahu apa yang sedang mereka kerjakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *