Membangun Reputasi Online

“The way to gain a good reputation is to endeavor to be what you desire to appear”~ Socrates

Secara bahasa, reputasi adalah perbuatan dan sebagainya sebagai sebab mendapat nama baik. Reputasi identik dengan nama baik (KBBI). Reputasi online adalah nama baik atau citra (image) yang baik di internet, di kalangan pengguna (user), atau di kalangan warganet (netizen).

Reputasi online merupakan informasi yang bisa ditemukan orang tentang seseorang atau sesuatu secara online. Jangan salah, setiap orang berisiko konten negatif online. Dari 75%  orang dewasa AS yang memiliki Google sendiri, hampir setengahnya mengatakan hasilnya tidak positif. Alasannya sederhana. Siapa pun dapat menulis apapun tentang Anda secara daring, biasanya tanpa konsekuensi.

Reputasi kita di dunia online semakin hari semakin penting, salah satunya karena semakin banyak perusahaan yang melakukan pencarian terhadap nama kandidat karyawan. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membangun reputasi online Anda:

1. Membuat situs web

Saat ini membuat situs web semakin mudah. Buatlah situs web profesional yang menampilkan kompetensi dan pengalaman Anda sebagai tambahan pada resume Anda. Tambahkan daftar artikel yang pernah Anda tulis, penghargaan, atau bentuk-bentuk pengakuan lainnya. (Dalam hal ini situs CareerNews.com memperingatkan agar tetap waspada untuk menjaga identitas kita seperti tidak perlu menampilkan alamat rumah, dll)

2. Mulai ngeblog

Bila membuat situs web profesional terlalu sulit, maka mulailah dengan membuat blog (bisa dibuat gratis di blogger.com, wordpress.com, blogdetik.com, dll). Dengan memiliki blog Anda berkesempatan berkomentar tentang hal-hal yang tejadi untuk menunjukkan pemikiran dan wawasan Anda.

3. Miliki nama domain

Nama domain adalah aset branding. Belilah nama domain yang menunjukkan keahlian Anda, seperti misalnya: penulis.com, pakarmarketing.com, dll. Pastikan memiliki nama domain nama Anda sendiri. Memiliki situs web profesional atau blog dengan nama domain Anda sendiri adalah langkah awal yang sangat baik untuk membangun reputasi online yang kuat. Dengan semakin banyak yang membuat situs web, semakin sulit mendapatkan nama domain sesuai keinginan kita, maka segeralah mendaftarkan nama domain Anda.

4. Kelola profil online Anda dengan baik

Memiliki banyak akun di online (Facebook, Twitter, Plurk, blog, dll) juga berarti banyak yang harus Anda kelola. Kelolalah semua dengan baik agar ketika ditemukan profil Anda di semua akun tersebut menimbulkan persepsi yang baik. Jangan memiliki terlalu banyak akun bila Anda tidak mampu mengelolanya, fokuslah pada beberapa yang penting saja.

5. Membuat content-content online yang di-link ke situs Anda

Cobalah menulis dan kirimkan ke media-media online/blog yang berhubungan dengan industri Anda. Setelah dipublikasikan, pastikan artikel-artikel tersebut dilink ke situs Anda untuk mempromosikan situs Anda.

Sumber: https://bit.ly/36Fkkxm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *