Kapan Saat Tepat Menggunakan Career Coaching?

Saat ini career coach adalah profesi yang cukup umum dan tersedia di dunia kerja.  Bahkan di luar negeri profesi ini merupakan salah satu profesi yang berkembang cepat, contohnya di Inggris.  Namun demikian, untuk menggunakan jasa seorang career coach, klien perlu memahami kebutuhannya dengan tepat. Mengapa? Karena career coach pun memiliki banyak spesialisasi. 

Ada career coach yang fokus membantu klien dengan mencari kerja, transisi karir, atau membangun kompetensi.  Ada juga career coach yang fokus pada personal branding atau menemukan potensi diri.  Nah, mana yang paling Anda butuhkan?  Dengan memahami kebutuhan Anda secara tepat, maka Anda akan mendapatkan bantuan maksimal dari seorang career coach.

Bahkan, jasa career coach tidak hanya untuk orang yang belum bekerja (unemployed) atau sedang berpikir mencari kerja, orang yang sedang bekerja sekalipun juga sangat membutuhkan. Terutama, membantu mereka untuk lebih mengembangkan karir. Nah, berikut ini  beberapa momen kapan seseorang membutuhkan career coach.

Mencari pekerjaan

Mencari pekerjaan seringkali membuat stress. Tingkat ketidakpastian yang tinggi, sekaligus banyaknya proses yang harus dijalani, menjadikan punya seorang career coach sangat membantu. Career coach akan memberikan dukungan dan menemani Anda bagaimana menemukan profesi sesuai kemampuan, pengalaman, dan pasion. Selain itu, career coach yang membantu Anda mencari pekerjaan biasanya juga memiliki keahlian dalam menyusun surat lamaran dan CV sehingga Anda tampil maksimal.

Wawancara

Momen wawancara pada sebagian besar orang menjadi momen yang paling mendebarkan. Namun, dengan kehadiran career coach, Anda bisa melakukan persiapan dan memahami apa yang sebaiknya dilakukan.  Career coach akan membantu Anda mengevaluasi jawaban Anda dan memberikan tips wawancara agar jawaban nantinya lebih meyakinkan.

Negosasi gaji

Terkadang dalam sesi wawancara, Anda akan ditanya tentang gaji. Tentunya, hal ini bukanlah sesuatu yang harus dijawab tergesa-gesa. Dengan, bantuan career coach, Anda akan dibantu tentang cara negosiasi gaji dan menentukan gaji terbaik untuk kesuksesan Anda nantinya.

Meminta kenaikan gaji atau jabatan

Seorang career coach berupaya untuk terus mendukung  Anda melangkah lebih maju. Salah satu nya adalah membantu Anda mengajukan kenaikan gaji atau jabatan. Persiapan negosiasi menjadi kunci penting agar pengajuan bisa diterima. Oleh karena itu, career coach dapat membantu Anda membuat persiapan meminta kenaikan gaji atau jabatan. Namun, dengan catatan bahwa Anda memang memiliki kemampuan dan skill yang mumpuni.

Meningkatkan skill komunikasi yang kurang

Seiring dengan perkembangan profesi Anda semakin besar keahlian komunikasi dibutuhkan. Tidak semua orang memiliki bakat komunikasi yang baik.  Padahal untuk meningkatkan reputasi Anda sebagai profesional, salah satunya ditunjang dari kemampuan komunikasi yang baik. Nah, career coach membantu Anda untuk mengkoordinasi pengetahuan dan kemampuan Anda dalam komunikasi. Dalam hal ini, carilah career coach yang memiliki pengalaman dan kapabilitas dalam komunikasi. Sehingga nantinya, Anda akan dilatih untuk siap dalam  berbagai suasana percakapan. Dengan begitu, kemampuan komunikasi Anda semakin terasah.

Mengatasi masalah

Dalam perjalanan karir, masalah pasti ada. Namun seberapa besar masalah yang terjadi tidak dapat dipastikan. Terkadang, dalam karier Anda, masalah personal, rekan kerja hingga pekerjaan itu sendiri sering terjadi.  Seorang career coach membantu Anda untuk mengembangkan diri dalam hal mengatasi masalah dan mengambil keputusan. Career coach  yang baik akan membuka sudut pandang Anda sehingga dapat melihat masalah dalam beragam perspektif dan Anda akan menemukan solusi Anda sendiri untuk diterapkan.  Semakin tinggi posisi karir Anda, maka memiliki seorang career coach akan sangat membantu Anda.

Membuat keputusan berhenti bekerja

Keputusan untuk berhenti bekerja bukanlah sesuatu yang mudah. Keputusan yang terburu-buru akan membuat Anda malah menyesal nantinya. Oleh karena itu, keputusan untuk berhenti bekerja harus dilakukan pada waktu yang tepat dan memang sudah dipertimbangkan dengan matang. Career coach akan menuntun Anda bagaimana melakukan hal tersebut.

 Demikian momen-momen kita membutuhkan bantuan seorang career coach.  Ada baiknya, dalam perjalanan karir Anda menuju posisi karir yang lebih tinggi, Anda memiliki seorang career coach yang menemani Anda.  Memiliki teman perjalanan akan lebih menyenangkan dan juga sangat dibutuhkan di saat-saat Anda mengalami hal-hal yang tidak bisa diatasi sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *