Cara Sederhana Tetap Teratur di Tempat Kerja

Menjadi seorang pekerja kadang membuat stres. Salah satu penyebab stres, bisa jadi karena ketidak-teraturan Anda dalam bekerja. Menjadi teratur di tempat kerja merupakan hal yang penting, namun kebanyakan orang kesulitan untuk melakukannya. Percaya atau tidak, menjadi teratur tidak sesulit kelihatannya. Beberapa perbaikan dan solusi akan membuat Anda lebih mudah untuk menjadi orang yang teratur daripada yang Anda bayangkan.

Pada umumnya orang bekerja 9 jam dalam 1 hari.  Uniknya, dengan waktu kerja yang sama, orang bisa menyelesaikan tugas yang berbeda. Ada yang hanya  menyelesaikan 3-4 tugas, namun ada yang bisa mencapai 8-10 tugas.Penelitian mengungkapkan bahwa suasana kantor memberikan pengaruh sebesar 20% bagi produktifitas dan sisanya 80% adalah bagaimana kita mengatur diri dan tugas yang ingin kita selesaikan.

Apabila Anda sudah mampu melakukan keteraturan dalam bekerja maka produktifitas Anda akan meningkat. Definisi produktifitas adalah mengerjakan lebih banyak tugas hingga tuntas dan selesai sesuai waktu yang ditentukan atau lebih cepat lagi. Seiring dengan makin kerasnya tuntutan pekerjaan, target yang harus dicapai menjadi sulit. Tentunya mengatur pekerjaan menjadi lebih penting lagi. Ini akan meningkatkan produktifitas Anda. Untuk bisa lebih fokus dan produktif ditempat kerja, cobalah 5 tips berikut ini.

1. Awali kegiatan dipagi hari melakukan tugas-tugas detil yang menanti Anda, seperti mengecek email, update informasi terkini dari sosial media (jika memang menjadi tugas Anda dan hal-hal rutin lainnya. Lakukan kegiatan ini secepat dan sesingkat mungkin, kemudian mulailah untuk mengerjakan tugas hari ini, jadwalkan pekerjaan yang lebih prioritas dan lebih besar kepentingannya, kurangi semua kegiatan atau aktifitas yang tidak penting dan buang waktu saja, seperti mengecek notifikasi di gadget Anda, mengobrol dengan rekan kerja dan lain-lain.

2. Untuk Anda yang menggunakan transportasi umum saat berangkat bekerja, kesempatan ini bisa dilakukan untuk melakukan kebiasaan–kebiasaan kecil seperti membalas email, melihat update tugas terkini, membaca informasi terbaru dan lainnya. Jika diperlukan jadwalkan dan lakukan pekerjaan kecil yang bisa Anda lakukan, sehingga ketika tiba di kantor semua sudah siap dan Anda bisa langsung bekerja.

3. Sudah banyak bukti yang dibagikan bahwa terlau banyak waktu meeting saat jam bekerja mempengaruhi produktifitas.Kurangi waktu untuk meeting.  Jika perlu lakukan diskusi informal langsung dengan atasan atau rekan kerja bila dirasakan penting daripada harus menunggu jadwal meeting formal. Dengan demikian Anda akan memiliki lebih banyak  waktu untuk menyelesaikan tugas tanpa perlu menjadwalkan meeting.

4. Buatlah jadwal untuk diri Anda sendiri saatnya istirahat, melihat email, social media dan lainnya, dengan demikian secara focus Anda bisa kembali untuk menyelesaikan tugas yang ada tanpa adanya gangguan atau godaan untuk melakukan kegiatan di luar tugas yang ada.

5. Jika diperlukan bisa juga Anda menghabiskan waktu bekerja di luar kantor untuk bisa fokus.  Dengan demikian Anda terbebas dari ‘gangguan’ di tempat kerja, seperti ngobrol dengan rekan kerja dan lainnya. Carilah tempat bekerja yang tenang.  Pastikan Anda menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Sumber:  https://bit.ly/2CeqLuc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *