Baru Masuk Dunia Kerja? Berikut Tipsnya

Lulus kuliah dan menggenggam gelar sarjana ternyata tak selalu berarti siap masuk dunia kerja. Delapan dari sepuluh perusahaan di Indonesia, menurut Riset Willis Tower Watson Indonesia, mengaku kesulitan mendapatkan lulusan perguruan tinggi yang siap pakai.

Masuk dunia kerja memang menjadi sebuah tantangan yang tidak mudah bagi sebagian besar tenaga kerja yang baru lulus (fresh graduate). Tentu hal ini sangat berbeda dengan saat masih berada di dunia sekolah atau jenjang perkuliahan. Dunia kerja dipenuhi dengan beragam hal-hal baru dan kebanyakan orang akan mengalami tantangan  tersendiri saat memasuki dunia tersebut. Memasuki dunia kerja memang membutuhkan pendekatan yang berbeda satu sama lain. Namun, Anda akan dituntut untuk beradaptasi dengan cepat, sehingga dapat mengembangkan karir.

Di sisi lain, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pengangguran sarjana di Indonesia meningkat dari 653.586 pada Agustus 2015 menjadi 695.304 orang pada Februari 2016. Ada apa? Salah satu penyebab lulusan perguruan tinggi di Indonesia sulit mendapat pekerjaan adalah belum memiliki skill atau ketrampilan yang dibutuhkan perusahaan. Skill adalah modal awal untuk memasuki dunia kerja.

Bagaimana dengan Anda? Anda baru masuk dunia kerja? Bingung harus melakukan apa agar pekerjaan pertama Anda tidak menjadi sebuah bencana? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat pertama kali memiliki pekerjaan.

1. Coba dulu

Untuk Anda para fresh graduate yang baru saja memasuki dunia kerja, jangan terburu-buru untuk mengakhiri pekerjaan Anda lantaran tidak sesuai dengan passion yang dimiliki. Coba saja dulu pekerjaan tersebut, karena bukan tidak mungkin ternyata hal tersebut adalah peluang emas yang bisa Anda manfaatkan untuk memuluskan perjalanan karir. Jangan cepat menyerah lantaran pekerjaan pertama yang dimiliki saat ini tidak sesuai keinginan. Nikmati dulu prosesnya dan ambillah pengalaman yang berguna di dalam pekerjaan tersebut.

2. Banyak berinteraksi

Untuk kaum muda yang biasanya lebih sering bercengkrama dengan gadget kesayangan, lebih banyaklah berinteraksi dengan rekan kerja. Selain memperluas jaringan, banyak berinteraksi juga bisa membuat Anda memperkaya ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, singkirkan gadget untuk sementara waktu dan coba untuk lebih banyak berinteraksi di tempat kerja Anda.

3. Buat target

Untuk membuat pekerjaan Anda kian nyaman dan tersusun rapi, biasakan untuk membuat target di awal pekerjaan, misal tentang apa yang harus dicapai dalam waktu dekat.  Dengan demikian Anda mampu mewujudkan hal tersebbut saat kesempatan datang. Jalan yang Anda tempuh juga semakin terarah dan jelas untuk mengantarkan Anda menuju tujuan akhir.

4. Fokus

Daripada Anda terus mengeluh lantaran dunia kerja yang nyatanya lebih keras dari perkiraan Anda, fokus kepada pekerjaan adalah sebuah hal yang tepat untuk dilakukan oleh seorang pekerja agar mampu menyelesaikan tugas dan mampu merealisasikan target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Semoga artikel berikut dapat memberikan informasi yang bermanfaat dalam membantu Anda untuk menghindari beberapa kesalahan yang mungkin saja terjadi. Tetaplah bersemangat dalam bekerja dan salam sukses!

Sumber: https://bit.ly/3489f7a

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *