Apakah karir yang saya jalani saat ini sudah tepat?

Sepanjang perjalanan karir, kamu mungkin pernah mengalami kegelisahan dan ketidakpuasan soal pekerjaan, terutama untuk kamu yang sudah bekerja di sebuah  perusahaan dalam jangka waktu yang cukup lama.  Mungkin kamu mulai merasakan kegamangan atau juga merasa bosan dengan tugas yang itu-itu saja sehingga ingin mencoba bidang pekerjaan baru.

Beralih profesi, berganti pekerjaan, atau pindah kerja mungkin sebuah solusi, tapi apakah itu sesuatu yang tepat? Belum tentu.  Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat kamu memutuskan keluar dari pekerjaan sekarang.

Alasan bahwa pekerjaan saat ini tidak cocok dengan bakat dan minat, lingkungan kerja yang kurang klop, atau ingin mencoba bekerja di bidang yang sama sekali baru bisa jadi merupakan hal-hal yang menyebabkan kamu ingin pindah kerja atau beralih profesi.  Untuk ini, kamu harus benar-benar melihat ke dalam dirimu dan memikirkannya dengan matang, termasuk mencermati faktor internal dan eksternal. Karena bisa saja, apa yang sesungguhnya kamu butuhkan hanya cuti, berlibur, dan mendapatkan ekstra semangat, sebelum kembali bekerja.

Di sisi lain, ada kemungkinan kamu memang butuh perubahan besar dalam karir bila di tempat kerja saat ini kamu sering cemas, tegang, dan sakit kepala karena ada di lingkungan kerja yang tidak kondusif. Dampaknya adalah kamu merasakan stres yang berkepanjangan.

Tubuh kita biasanya memberikan tanda bila kita mulai stres di kantor. Berbagai tanda yang terjadi antara lain, leher terasa tegang, sulit tidur, tidak dapat berkonsentrasi, cemas yang sulit dijelaskan, bahkan depresi. Jika hal di atas yang muncul, memang sebaiknya segera pikirkan pindah kerja.

Mengorbankan kesehatan untuk sebuah pekerjaan adalah hal yang tidak layak dilakukan.   Walaupun kamu digaji tinggi, apakah sepadan dengan sakit yang harus diderita?

Ada kalanya, kamu ternyata hanya membutuhkan tantangan baru di posisi yang sekarang. Baik itu untuk meningkatkan kemampuan kerjamu maupun mengasah skill baru agar bisa efektif bekerja.  Untuk ini, cobalah mencari tahu skill apa yang kamu butuhkan dan pelajari sebisa mungkin agar kamu bisa menguasainya dengan baik.

Untuk kamu yang masih bingung dengan karirmu sudah tepat atau belum, mungkin kutipan di bawah ini bisa membantumu mengambil langkah.

Opportunities don’t happen, you create them.” – Chris Grosser

Sesuai dengan bunyi kutipan di atas, kesempatan itu kita yang ciptakan.  Jika kamu menunggu kesempatan terjadi tanpa memperjuangkannya, bisa jadi kamu menunggu sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Sama halnya dengan kesempatan untuk sukses dalam karir tidak mungkin datang begitu saja tanpa kita sendiri membuka jalan untuk meraihnya. 

Jadi, ada baiknya sebelum memutuskan pindah karir, pindah kerja, ataupun pindah profesi, kamu membuat rencana ke depan yang matang dibandingkan langsung memutuskan untuk resign dari perusahaan yang sekarang.

Berpindah karir atau pindah kerja merupakan keputusan besar, membutuhkan persiapan matang, dan keberanian untuk mewujudkannya.  Berpindah jalur karir juga memiliki risiko yang tinggi. Pastikan kamu sudah siap dengan segala risiko yang ada dan berani memulai semuanya dari nol.

Dengan pertimbangan yang matang, maka ketika kesuksesan pindah karir akhirnya terwujud, kamu dapat mengenang semua hasil jerih payahmu yang berbuah manis. Sebaliknya, tidak ada yang salah jika kamu tetap berada di perusahaan saat ini, dan itu membuat kamu berkembang.  Terus belajar dan tingkatkan kemampuan diri, bisa jadi kamu mendapatkan apa yang kamu cita-citakan dulu.

Seiring dengan berjalannya waktu, ditunjang kemauan kuat mengembangkan diri, percayalah jenjang karir pasti melejit, terutama jika dibarengi dengan kerja keras dan skill yang mumpuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *