6 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Melamar Magang

Jika Anda sedang mencari kesempatan untuk magang di perusahaan, artikel berikut ini bisa membantu Anda mendapatkan peluang dengan cara yang benar. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan kesempatan magang, jika diterapkan dengan benar bukan hanya kesempatan untuk mendapatkan pengalaman bekerja di perusahaan yang Anda incar, namun juga kemungkinan untuk direkrut menjadi pegawai baru diperusahaan tersebut. Berikut 6 kesalahan yang sering terjadi saat melamar magang:

1. Tidak segera mengirimkan lamaran

Kirimkan segera surat lamaran magang Anda ketika telah menemukan pekerjaan dan perusahaan yang diincar. Jangan terlalu lama menunda kesempatan tersebut karena akan berimbas dengan tenggat waktu yang akan.

2. Surat lamaran yang tidak menarik

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan saat melamar magang diperusahaan adalah surat lamaran dengan format yang serupa dan kurang menarik. Anda harus menyesuaikan bahan Anda untuk posisi dan perusahaan. Jika setiap lamaran dan penutup surat yang Anda kirim adalah sama, perusahaan dapat dengan mudah mengatakan ketika mereka melihat sebuah dokumen yang telah Anda dikirim ke 15 tempat lain.

3. Kurang banyak mengirimkan surat lamaran

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pastikan Anda mengirimkan surat lamaran magang dalam jumlah yang banyak, artinya adalah tidak terlalu sedikit sehingga peluang Anda untuk diterima magang pun menjadi lebih besar. Pastikan Anda menemukan daftar kesempatan magang yang banyak dan sesuai, kemudian kirimkan surat lamaran sesuai dengan jumlah yang tepat.

4. Tidak mengikuti instruksi perusahaan.

Pastikan untuk membaca dengan benar kualifikasi magang yang diminta perusahaan sebelum Anda mengirimkan surat lamaran .

5. Tidak menindaklanjuti

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kesempatan magang adalah dengan melakukan follow-up atau menindak lanjuti surat lamaran yang telah Anda kirim. Bisa mengirimkan email, menghubungi lewat Linkedin atau media sosial.

6. Wawancara yang tidak berjalan baik

Kesalahan lain yang kerap dilakukan adalah wawancara yang tidak baik dan kurang berkesan. Pastikan Anda menunjukkan dengan baik minat serta antusias Anda untuk mendapatkan kesempatan magang dan yakinkan perusahaan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *