Cara Bekerjasama dengan Baik dalam Tim

Saat ini banyak perusahaan yang menugaskan pegawai untuk bekerja dalam tim, selain bisa menyelesaikan proyek lebih cepat, bekerja dalam tim juga bisa meningkatkan kreativitas yang dimiliki masing-masing pegawai. Jika Anda pimpinan dan bertugas untuk membentuk sebuah tim di perusahaan, 5 kiat sukses berikut ini bisa juga diterapkan.

Tentukan target

Untuk memiliki tim yang sukses Anda sebagai pimpinan harus meyakinkan pegawai untuk bisa bekerjasama dengan baik. Anda sebagai pimpinan hanya bertugas untuk mengawal dan hindari laporan secara individu dari masing-masing pegawai kepada Anda, upayakan semua tim memberikan laporan pada waktu yang telah ditentukan,  dengan begitu Anda bisa meningkatkan kreativitas dan produktivitas pegawai Anda.

Buatlah sistem terpadu

Terapkanlah sistem terpadu kepada tim Anda agar bisa menggunakan fasilitas telekomunikasi. Hal ini akan membantu jika anggota tim Anda harus bekerja diluar kota, atau secara mendadak harus melakukan laporan kepada Anda.

Atasi perbedaan yang ada

Dalam sebuah tim tidak bisa dipungkiri pasti akan terjadi perbedaan atau perdebatan yang ada, untuk itu sebagai pimpinan pastikan kepada anggota tim Anda untuk menerima masukan, kritikan yang ada, dan selesaikan semua perdebatan dengan diskusi dan diselesaikan secara bersama.

Berikan kontribusi

Jadilah pemimpin yang mampu merangsang ide-ide segar serta kreatifitas dari anggota tim untuk menyelesaikan pekerjaan, dengan demikian Anda bisa memposisikan diri Anda menjadi pemimpin yang bijak serta cerdas.

Jalin komunikasi dengan baik

Komunikasi merupakan hal yang penting dalam sebuah kerjasama dalam tim. Bila komunikasi terjalin dengan baik, makan kerjasama pun akan terbangun dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *