Mengenal Lebih Jauh Perbedaan Antara Pekerjaan dan Karir

Selama ini kebanyakan dari kita menganggap bahwa pekerjaan dan karir adalah dua hal yang sama, tetepi ternyata walaupun sering dinggap sama, karir dan pekerjaan itu memiliki makna yang sangat berbeda. Bahkan, menurut career coach, Rene Suhardono, “Your Job Is Not Your Career!”

Pekerjaan adalah serangkaian tugas dan tanggung jawab yang Anda emban selama jangka waktu tertentu agar perusahan tempat Anda bekerja dapat mencapai tujuan. Sedangkan karir adalah serangkaian aktivitas yang Anda lakukan dan rencanakan untuk jangka waktu panjang dengan tujuan mencapai impian Anda. Karir memiliki jenjang atau tingkatan kemajuan dalam pelaksanaannya. Berbeda dengan karir, pekerjaan menunjukkan apa yang Anda kerjakan saat ini dalam rangka memenuhi kebutuhan finansial.

Karir selalu mengandung kata-kata kunci pengembangan dan kemajuan.  Selain itu, karir merupakan sekumpulan aktivitas/pekerjaan/karya. Karir selalu melekat pada Anda, sedangkan pekerjaan melekat pada yang memberi kerja, dalam hal ini perusahaan (apabila Anda seorang karyawan). Karena karir didasari oleh cita cita, maka jelas bahwa tujuan karir adalah untuk memenuhi keinginan dan kepuasan dalam proses mencapai cita-cita kita. Berbeda dengan pekerjaan, tujuan dari pekerjaan adalah untuk mendapatkan penghasilan atau memenuhi kebutuhan finansial.

Pekerjaan punya target jangka pendek yang ditetapkan perusahaan dan harus dicapai.  Karir? Tergantung Anda. Apa target yang Anda tetapkan pada diri sendiri? Sejauhmana komitmen Anda untuk mencapainya? Apa langkah-langkah yang Anda telah dan belum dilakukan untuk membuat karir Anda bersinar? Memang tidak mudah. Karenanya banyak yang take it for granted dalam berkarir, menyamakan bekerja ya berkarir. Padahal keduanya sungguh berbeda.

Hal ini juga menunjukan perbedaan karir dan pekerjaan dari segi waktu.  Orang-orang yang menjalani pekerjaan sebagai sebuah karir cenderung betah melakukan pekerjaan dalam jangka waktu lama dan menginginkan kemajuan dari setiap jabatan pekerjaan yang diembannya.  Sedangkan orang-orang yang bekerja untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup (finansial) biasanya semata menyelesaikan pekerjaan dan selanjutnya menerima bayaran.

Secara ringkas dapat dikatakan bahwa pekerjaan adalah apa yang Anda lakukan agar kebutuhan finansial terpenuhi. Sementara, karir adalah apa yang kerjakan untuk meraih mimpi Anda. Dengan memaknai pekerjaan sebagai karir Anda, maka Anda akan melakukannya dengan sepenuh hati, menuangkan seluruh gagasan, dan rela bekerja keras.

 Pekerjaan adalah milik pihak luar/eksternal (perusahaan), sedangkan karir adalah milik Anda sendiri. Karir butuh diperjuangkan.  Pekerjaan butuh diselesaikan.

Apakah Anda semata sedang bekerja atau sedang membangun karir? Hanya Anda yang bisa menjawabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *