Tips Melakukan Perencanaan Karir

“Efforts and courage are not enough without purpose and direction.” — John F. Kennedy

Tidak semua orang paham bagaimana cara merencanakan karir dengan baik. Kita semua tentu ingin sukses dalam karir, namun kadang tak paham cara meraihnya. Perencanaan karir adalah salah satu cara mengenal diri dengan lebih baik. Dalam merencanakan karir, kita dihadapkan untuk mengenali dan memahami apa visi kita, menganalisis keterampilan, kekuatan, kelemahan, pencapaian, dan hal-hal lain tentang diri sendiri. Semakin baik dalam mengenali diri sendiri, akan semakin baik pula dalam membuat perencanaan karir.

Sesungguhnya dalam perencanaan karir yang ditekankan bukan hanya pada pekerjaan apa yang nantinya kita peroleh, tetapi pada persiapan-persiapan apa yang telah dan akan kita lakukan. Salah satunya persiapan yang sangat penting adalah memilih pendidikan dan keterampilan yang akan dikembangkan.

Ketika melakukan perencanaan karir coba ketahui dulu apa kemampuan kamu dan cobalah dengan memulai mempelajari kembali siapa diri kamu dengan lebih mendalam. Ingat hal-hal apa saja yang dapat kamu lakukan dengan sangat baik. Hal ini bisa saja sesuai dengan latar belakang pendidikan formal yang dulu kamu ambil ataupun kemampuan yang sudah kamu dalami setelahnya.

Minat juga menjadi salah satu faktor penting dalam melakukan perencanaan karir, karena melakukan sesuatu yang tidak disukai biasanya memberikan hasil yang tidak sesuai ekspektasi. Oleh sebab itu, pilihlah karir yang sejalan dengan minatmu. Khususnya jika kamu masih muda, janganlah takut untuk belajar dan mencoba.

Banyak orang berhasil dalam karir karena berani mencoba, dan tidak takut gagal, serta selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam pekerjaan yang mereka tekuni.

Masa depan adalah seperti apa yang kita rencanakan di saat ini. Merencanakan adalah langkah awal meraih masa depan yang gemilang. Jarang sekali ada masa depan gemilang, tanpa perencanaan yang matang dalam meraihnya.  Demikian juga dalam perencanaan karir, seringkali kita perlu meluangkan waktu untuk mengenal diri sendiri, dan melihat peluang di luar diri kita. Lebih awal dalam merencanakan karir akan lebih baik, syaratnya harus bertindak sesuai rencana dan mengevaluasinya secara rutin.

Saat menyusun rencana karir, kamu membutuhkan strategi yang matang, dan tentu akan lebih baik jika diikuti dengan pengenalan diri. Pasalnya, saat merancang rencana ini, kamu juga perlu rutin mengevaluasi dan menganalisis keterampilan, kekuatan, serta kelemahan yang kamu miliki dan apa yang harus dilakukan untuk bisa sukses dalam karir di masa depan.

Tentunya untuk mewujudkan karir yang sukses dibutuhkan kesabaran, dan konsistensi. Percaya bahwa kerja keras, dan kerja pintar akan membuahkan hasil yang manis.  Usaha tidak pernah mengkhianati hasil.  

Selain itu kamu juga harus jeli dalam melihat perusahaan tempat kamu bekerja. Hal ini penting karena perusahaan yang baik akan membantu kamu mencapai karir yang kamu rencanakan. Dalam memilih perusahaan cobalah melihat bagaimana perusahaan tersebut mendukung karyawan baik dalam suasana kerja, kesempatan yang diberikan untuk pengembangan diri dalam bekerja, atau kesempatan memperoleh jenjang karir yang lebih tinggi.

Demikian tips-tips sederhana dalam merencanakan karir. Sukses selalu dalam karir kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *