Faktor-Faktor Penunjang Manajemen Diri

Manajemen diri yang sukses mesti didukung oleh faktor-faktor penunjang kesuksesan.  Ada beberapa faktor pendukung penting yang membuat sistem manajemen diri dapat berjalan dengan baik dan efektif.  Berikut ini faktor-faktor pendukung yang dimaksud, antara lain:

1. Impulse Control

Ini terkait kemampuan mengendalikan diri atas beragam rangsangan dari luar yang menyebabkan seseorang mampu atau tidak mampu untuk fokus pada tujuannya. Semakin tidak mampu mengendalikan hasrat untuk bersenang-senang daripada bekerja mencapai tujuan, akan semakin sulit seseorang untuk sukses. Manajemen diri yang baik mencakup kemampuan mengendalikan hasrat ini.  Kenali diri sendiri dan selalu aware untuk fokus pada tujuan bisa membuat otak, ide, keinginan, dan juga hal-hal yang menyenangkan jangka pendek bisa dikesampingkan guna mencapai sukses jangka panjang.

2. Stress Management

Mengelola diri tidak terlepas dari mengelola tekanan atau stress.  Semakin baik seseorang mengelola rasa stress yang muncul akibat masalah karir, rumah tangga, dll, akan semakin kuat ia mengarahkan diri mencapai tujuannya. Sebaliknya, ketidakmampuan mengelola stress, akan menimbulkan beragam masalah baru dan seringkali justru merusak diri sendiri. Untuk itu, upayakan mengatasi stress dengan mengalihkannya pada aktivitas-aktivitas lain yang lebih bermanfaat. 

3. Self – Dicipline

Mengajarkan diri sendiri tentang kedisiplinan adalah kunci sukses manajemen diri.  Disiplin terhadap diri sendiri adalah hal yang sulit karena membutuhkan kemauan kuat dan upaya untuk mendorong diri sendiri keluar dari zona nyaman. Orang yang disiplin akan menjadi orang yang mampu mengatur diri sendiri. Mereka terbiasa membuat aturan dan mematuhinya tanpa harus diperintah atau disuruh.

4. Self – Motivation

Faktor motivasi menjadi sumber krusial agar seseorang mampu meraih tujuannya.  Dengan motivasi yang tepat pada diri sendiri, maka seseorang akan lebih percaya diri untuk mencapai tujuannya.

5. Goal – Setting

Tanpa ada tujuan maka mengelola diri menjadi sia-sia.  Pengelolaan diri yang baik membutuhkan tujuan untuk dicapai. Kemampuan menentukan tujuan menjadi langkah awal untuk menciptakan strategi manajemen diri yang tepat.  Kemampuan membuat tujuan dan merencanakan pencapaian tujuan sangat dibutuhkan untuk tujuan yang bersifat jangka panjang. Rencanakan dengan matang dan buat struktur rencana yang baik akan mendorong kita untuk mengelola diri menjadi lebih baik.  

6. Organizing skill

Ini adalah kemampuan menggabungkan beragam aspek dalam diri sendiri dan yang ada di luar diri sehingga menjadi satu kesatuan yang terkelola sistematis.  Tanpa kemampuan mengorganisir, seseorang biasanya berantakan dalam banyak hal. Semakin terorganisir, akan semakin teratur dan rapi cara seseorang mengelola hidupnya, yang berarti ia mampu mengelola diri sendiri dengan efektif.   

Demikian faktor-faktor penunjang manajemen diri yang diperlukan untuk suksesnya manajemen diri mencapai tujuan.  Menguasai ke-enam faktor tersebut di atas, akan mengarahkan kita untuk fokus mencapai tujuan dan bisa jadi hasilnya lebih baik dari yang kita rencanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *