Tips Bersaing Di Tempat Kerja

Persaingan di kantor adalah hal yang lumrah di setiap perusahaan. Sayangnya, persaingan tersebut sering membuat stres sejumlah karyawan, apalagi jika yang terjadi adalah persaingan tidak sehat. Akibatnya, semangat sehingga produktivitas kita menurun.

Sebenarnya persaingan kerja adalah peluang bagi kita untuk berkembang dan menonjolkan kinerja. Semakin elegan kita menyikapinya, semakin semangat kita dalam bekerja dan berkarir. Dengan demikian, rasa cemas, stres, dan perasaan negatif lainnya akan hilang dengan sendirinya.

Jika Anda termasuk pegawai kantoran, pasti akan menjumpai persaingan atau kompetisi diantara pegawai yang lain. Sebuah kompetisi kadang diperlukan untuk mendorong setiap karyawan meningkatkan kinerjanya. Namun, dengan catatan bahwa kompetisi tersebut harus berjalan dengan sehat dan meningkatkan kinerja, bukan sebaliknya.

Meski demikian, ada diantara kita yang justru merasa takut dengan adanya kompetisi dalam dunia kerja. Perasaan takut itu biasanya muncul karena berbagai sebab, misalnya seperti kurangnya percaya diri karena skill yang rendah, merasa tidak punya teman, tidak yakin dengan kemampuan diri, dan lain-lain.

Anda tak hanya bersaing dengan sesama rekan kerja, tetapi juga dengan diri sendiri, apalagi dengan teknologi yang semakin berkembang sudah sepatutnya kita terus meng-upgrade kemampuan dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi.

World Economic Forum memprediksi, akan ada 75 juta pekerjaan yang akan hilang dan digantikan teknologi pada 2022 mendatang. Artinya, Anda mau tidak mau harus meningkatkan skill di bidang ini agar tidak menjadi karyawan yang gaptek alias gagap teknologi.

Agar mampu bersaing, maka perlu mengembangkan kemampuan yang spesifik dan tidak semua orang mudah mempelajarinya, namun kemampuan ini sangat diperlukan perusahaan.  Memang dibutuhkan kerja keras, namun jika Anda satu-satunya yang memiliki kemampuan tersebut di perusahaan, bukankah ini artinya Anda memiliki kapasitas untuk posisi yang lebih tinggi dan gaji yang lebih besar?

Caranya untuk mengetahui skill apa yang perlu Anda kembangkan adalah dengan melakukan riset kecil-kecilan terkait bidang dan tugas-tugas yang Anda kerjakan dan bagaimana teknologi bisa dimanfaatkan untuk bidang tugas Anda.  Kemudian cari tahu skill apa yang tepat yang perlu dibangun untuk bisa meningkatkan performa kerja Anda. 

Lihat juga peluang potensial yang bisa Anda kerjakan, namun tidak ada yang bisa mengerjakannya karena tidak memiliki skill tersebut. Mungkin saja ternyata skill tersebut mampu Anda kuasai dengan mudah karena potensi diri Anda yang terpendam ternyata ada di situ. Maka, ini berarti performa Anda akan jauh di atas rata-rata jika dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Asah skill dan keahlian secara kontinyu adalah salah satu cara untuk bersaing dan bertahan di dunia kerja yang kompetitif. Perkembangan teknologi digital mengharuskan kita untuk siap beradaptasi dan berubah mengikuti perkembangan zaman. Jika Anda tidak mengubah diri, kemungkinan besar karir Anda akan terkena dampak.

Sebagian besar perusahaan mau tidak mau akan mengikuti tren perkembangan sistem teknologi dan bisnis terkini sehingga perusahaan akan memberikan perhatian lebih pada Anda yang memiliki kemampuan yang relevan dengan kondisi bisnis terbaru dan ideal dengan perusahaan.

Mulailah belajar percaya diri juga menjadi hal penting untuk memenangkan persaingan. Jangan pernah minder karena hanya akan mempengaruhi Anda bersikap dan bertingkah laku. Atasan menyukai karyawan yang percaya diri dan selalu yakin pada kemampuannya sendiri.

Hal terakhir yang juga tak kalah penting adalah menjaga sikap.  Jika keahlian atau skill Anda menjadi yang terbaik di perusahaan, hindari sombong atau merasa pintar sendiri. Anda justru perlu rendah hati. Jadi pribadi yang kuat, beretika, dapat diandalkan, dan pandai mengendalikan diri. Jangan sampai menjadi yang sebaliknya atau menjadi orang yang cepat marah, mudah tersinggung, dan juga tidak bisa menempatkan diri. Dalam dunia kerja, sikap kerja dinilai lebih dulu dibandingkan skill.

Semoga Anda semakin berkembang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *