Waktu yang Tepat untuk Mengajarkan Manajemen Diri Pada Anak

Waktu yang tepat untuk mengajarkan manajemen diri pada anak adalah kapan saja. Tidak ada jawaban spesifik tentang batasan umur, atau kapan waktu yang pas untuk mengajarkannya. Namun, semakin muda anak belajar tentang manajemen diri, akan semakin baik anak mengelola dan mengatur dirinya sendiri di saat sudah dewasa nanti.

Tidak ada batas usia

Yang dimaksud dengan tidak ada batas usia bukan berarti sejak bayi. Akan tetapi, sejak anak sudah mengerti aneka macam perintah yang diberikan oleh orang tuanya. Dalam hal ini anak-anak yang memasuki usia 1 tahun, hingga anak-anak siap untuk dilepas ke dunia luar, atau ketika anak sudah beranjak balita.

Teknik memberikan materi

Tidak seperti materi pendidikan yang diterapkan di sekolah, materi pendidikan manajemen diri ini diberikan kapan saja :

1. Caranya yang pertama adalah dengan memberikan contoh.

Anda dapat memberikan informasi tentang manajemen diri ini, dalam berbagai kehidupan sehari-hari, atau dalam tingkah laku. Secara tidak langsung sang anak akan melihat tingkah laku orang tuanya. Ini yang secara tidak langsung ditiru anak.

2. Berbicara dari hati ke hati

Selain memberikan contoh, Anda juga sebaiknya menjelaskan tentang manajemen diri ini dari hati ke hati. Baik dari cerita pengalaman Anda, memberikan saran, atau informasi yang spesifik dan dibutuhkan oleh sang anak pada saat itu juga.

Dengan adanya berbagai saran dan pembicaraan dari hati-ke hati inilah, yang secara tidak langsung memupuk rasa percaya diri pada sang anak, bahwa sang anak diterima dan disayang oleh kedua orang tuanya.

3. Terus menerus/Kontinyu

Tentunya dua teknik yang telah disebutkan di atas harus dilakukan secara terus menerus hingga akhirnya anak mengerti, dan secara tidak langsung menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tentunya teknik-teknik yang disebutkan di atas membutuhkan kerjasama yang baik antara kedua orang tua agar pelajaran tentang manajemen diri dapat dipahami dan mampu dilakukan dengan baik oleh sang anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *