Meningkatkan Skill Dalam Bekerja

Kunci mencapai karir yang memuaskan adalah dengan meningkatkan skill kerja. Skill yang terus diasah merupakan salah satu kunci sukses berkarir. Jangan pernah membiarkan diri stagnan. Kita harus punya motivasi dan keyakinan untuk terus maju.

Namun, tak cuma motivasi dan keyakinan saja, kita perlu bertindak untuk membangun skill yang mumpuni. Upgrade skill akan membuka kesempatan lebih besar untuk meraih posisi yang Anda inginkan.  Hal ini juga berarti Anda mengembangkan diri Anda untuk lebih baik dan siap menghadapi persaingan di kantor.

Meningkatkan skill merupakan salah satu cara kita tetap bisa bersaing dengan karyawan lain. Jika kita sudah memasuki dunia kerja, maka persaingan sehat dengan mengedepankan skill, pengetahuan, dan sikap kerja merupakan kunci kesuksesan karir seseorang.

Meningkatkan skill pun bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Mulailah untuk tidak malas ketika berangkat bekerja. Anda harus memiliki jiwa dan rasa yang penuh semangat untuk bekerja agar pada saat sampai di kantor, aura positif ada pada Anda sendiri.

Tidak sering menunda pekerjaan adalah hal yang juga penting dilakukan. Bila diberi pekerjaan atau tugas oleh atasan, segera lakukan dengan baik dan cepat. Jika kita menunda-nundanya, pasti kerjaan akan menumpuk karena ditambah dengan pekerjaan yang baru. Pada akhirnya Anda hanya bisa mengeluh dan menganggap perusahaan kejam memperlakukan Anda. Efeknya Anda sendiri yang semakin terpuruk.  Saatnya membangun mindset positif dan mengambil kendali atas keberhasilan atau kegagalan diri sendiri.

Jika Anda sudah menjadi karyawan lama, maka tantangannya adalah untuk tetap semangat dan tidak loyo.  Apalagi bila perusahaan terus menambah karyawan baru, maka skill yang semakin tinggi justru harus dibangun. Dengan terus meningkatkan kemampuan, maka kompetensi Anda tidak akan kalah dengan karyawan baru.

Selain itu, atur waktu dan prioritas untuk belajar secara mandiri. Gunakan free e-learning yang ada di kantor atau yang tersedia gratis di internet untuk meningkatkan skill Anda. Jika skill tertentu tidak tersedia gratis. Investasikan uang gaji Anda sendiri untuk meningkatkan skill Anda.  Karena bagaimanapun, Anda yang akan memiliki skill tersebut dan bisa meningkatkan nilai jual diri saat mencari pekerjaan baru.

Pada akhirnya, Anda sebagai karyawan harus memulai dari dalam diri sendiri. Jika Anda belum ada niatan untuk menjadi karyawan yang bisa diandalkan di perusahaan, bagaimana bisa ada kemauan untuk meningkatkan skill?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *