Manajemen Diri Untuk Mencapai Kemajuan

Manajemen diri adalah salah satu faktor penting yang mampu menunjang dan membimbing diri sendiri untuk jadi lebih baik. Untuk melaksanakan manajemen diri, tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan dengan baik.  Tidak berbeda dengan teori ilmu manajemen kantor, maka manajemen diri yang baik terdiri dari tahapan:

1. Planning atau perencanaan

Setiap manusia tentu mempunyai banyak sekali rencana dalam hidupnya. Tentunya setiap rencana tersebut harus dilaksanakan atau diaplikasi untuk mendapatkan hasil dengan baik. Sebaiknya tanamkan dalam diri, bahwa setiap hari, Anda harus sudah mempunyai planning atau rencana harian yang perlu dilaksanakan dan diselesaikan. Entah itu rencana jangka panjang atau jangka pendek, untuk mendapatkan progress maka diperlukan aktivitas harian.  Dalam hal ini termasuk mengelola waktu sehari-hari perlu direncanakan juga sehingga proses kita mencapai tujuan akan lebih efektif dan efisien. Akan lebih baik, jika rencana tersebut tertulis dan terjadwal dengan konsisten, sehingga terlihat skala kemajuan dari rencana yang dibuat. Sehingga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan, dapat segera diatasi.

2. Organizing

Ini adalah sebuah proses mengorganisasikan dan membuat rencana menjadi sistematis untuk dicapai.  Proses ini menggambarkan bagaimana sebuah impian atau bagaimana mengelola semua hal yang terkait dengan hidup Anda menjadi sinergi satu sama lain sehingga hasilnya bisa dijamin di masa depan. Anda dapat menuangkannya dalam bentuk tulisan, diagram atau yang lainnya. Melalui proses ini, sedikit banyak akan membuat Anda mampu melihat titik acuan target yang ingin dicapai dan mulai dari mana.

3. Directing

Tentunya rencana saja tidak cukup. Diperlukan aplikasi atas semua hal yang ada di dalam rencana Anda.  Pengorganisasian saja juga tidak cukup, perlu dieksekusi ke dalam bentuk nyata. Atau dengan kata lain melakukan aksi untuk menggapai hal yang diinginkan. Rencana tanpa aksi, selamanya tidak akan menjadi kenyataan.

4. Controling

Ini adalah sebuah proses, apakah berbagai macam langkah yang direncanakan dan dilakukan sudah benar adanya, jika belum maka dilakukan perbaikan dengan segera.   Sebaliknya iika sudah benar, maka maksimalkan sistem yang sedang dilakukan tersebut, dengan baik. Metode evaluasi seringkali digunakan sebagai bagian dari proses pengendalian.  Dalam manajemen diri, maka ada baiknya Anda juga melakukan evaluasi periodik, misal tiga bulanan atau enam bulanan untuk mengetahui sejauhmana kemajuan telah dicapai.

Melalui teknik manajemen diri yang tepat sejak awal, memungkinkan mimpi Anda menjadi nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *