Yang Harus Dipersiapkan Dalam Membuat Manajemen Diri

Setiap individu membutuhkan manajemen diri yang baik guna mencapai tujuan yang diinginkan. Untuk membuat manajemen diri tersebut, tentunya beberapa hal berikut ini perlu dipersiapkan:

1. Monitoring diri

Dalam menjalankan Manajemen diri, hal utama yang penting dilakukan adalah dengan me-monitoring atau observasi diri sendiri. Dalam hal ini Anda akan mengamati tingkah laku diri sendiri, dan mencatatnya dengan lebih teliti. Tentunya tingkah laku ini berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai.

2. Evaluasi diri

Berikutnya adalah evaluasi terhadap diri sendiri. Yang dimaksud dengan evaluasi diri adalah membandingkan hasil catatan tentang tingkah laku dengan target tingkah laku yang sebelumnya sudah dibuat oleh Anda sendiri atau career coach, sesuai dengan rencana program yang harus dilakukan. Apakah semuanya sudah sesuai rencana atau tidak. Jika belum, tentunya akan ada peninjauan ulang.Tapi sebaliknya jika sudah baik, maka akan terus ditingkatkan.

3. Memberikan penguatan pada diri sendiri

Yang dimaksud dengan memberikan penguatan adalah memberikan diri sendiri kekuatan untuk melakukan sesuatu, menghapus atau menghindari berbagai macam hal yang sebaiknya tidak dilakukan. Serta mampu memberikan hukuman pada diri sendiri, jika terjadi suatu kesalahan yang disengaja.

4. Membuat rangkaian tujuan

Tentu saja masing-masing individu mempunyai tujuan yang beragam. Tujuan seperti ini tidak ada salahnya jika ditulis, diurut sesuai skala prioritas, untuk kemudian dilaksanakan.  Dengan tujuan yang tertulis, maka evaluasi dan kemajuan lebih termonitor sehingga Anda bisa melihat kekurangan dan kekuatan program untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Walaupun terdengar mudah, namun pada awalnya beberapa langkah diatas, cukup sulit untuk dijalankan. Membutuhkan upaya kuat untuk memotivasi diri sendiri. Tapi asal ada niat untuk sukses dan kemauan untuk bergerak maju, maka manajemen diri lebih mudah diakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *