Tips Menaklukkan Interviewer

Selain harus menguasai ilmu-ilmu yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar dan juga memiliki pengalaman yang cukup dalam bekerja, 2 faktor tersebut memang bisa membantumu dalam bekerja nantinya. Namun untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, sudah pasti bahwa kamu harus melewati proses interview dulu bukan?

Proses interview adalah waktunya untuk kamu menjual dirimu sebagai kandidat yang terbaik. Ini adalah kesempatan untuk pamer dan meyakinkan interviewer untuk menghire kamu. Berikut adalah tips sederhana untuk menaklukan hati para interviewer disaat proses wawancara kerja. Ini dia ulasannya.

1. Tulis resume dengan sebenar-benarnya

Kebanyakan orang yang sedang begitu ingin mendapat kerja, kerap kali begitu gemar melebih-lebihkan kemampuan dan kompentensinya yang ia tulis didalam resume. Bukannya beruntung, terkadang hal seperti ini akan membuat kamu rugi nantinya, karena akan selalu ada kemungkinan kamu akan diuji mengenai apa yang kamu tulis. Jadi bukankah lebih baik menuliskan yang sebenarnya saja tanpa harus melebih-lebihkan kemampuan yang kamu miliki. Selain menghindari masalah, resume yang kamu buat akan jauh terlihat lebih sederhana namun tetap berkesan.

2. Menjawab dengan penuh keyakinan dan efektif

Terkadang beberapa orang, sering menemui kegagalan dalam tahap interview di dalam fase tanya jawab. Malah kegagalan seperti ini seringkali diakibatkan oleh kurang tepatnya jawaban yang diucapkan atas setiap pertanyaan yang ditanyakan oleh sang interviewer. Demi menghindari kesalahan serupa, jawablah semua pertanyaan yang digunakan dengan jawaban yang seefektif mungkin, yaitu dengan tepat dan jelas tanpa harus menjabarkannya terlalu panjang yang dapat mengakibatkan kesalahpahaman antara kamu dan pewawancara.

3. Menjaga sikap

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan untuk menaklukkan hati pewawancara ialah menjaga sikap dengan sebaik-baiknya, karena kebanyakan dari pewawancara, terutama yang berasal dari HRD adalah lulusan psikologi yang mampu membaca kepribadian kamu. Jadi demi menghindari gagalnya proses interview kamu, menjaga sikap dan tetap santun selama proses interview akan mampu menyelamatkanmu dari kegagalan.

Mungkin poin-poin di atas dapat berguna untuk kamu yang sedang ingin menaklukkan hati mereka dan tidak lagi gagal dalam proses interview agar kamu dapat segera bekerja. Selain rezeki itu di tangan Tuhan. Namun tanpa mengupayakan dengan maksimal, tentu akan sulit kamu dapatkan toh? Semoga bermanfaat. Sukses!

Sumber: https://bit.ly/2O0VzEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *