Apa itu Manajemen Diri?

Manajemen diri adalah Kemampuan diri sendiri dalam mengelola atau  mengatur emosi, pikiran, dan perilaku dalam situasi yang berbeda-beda secara efektif. Termasuk mengelola stres, mengendalikan impuls, dan memotivasi diri sendiri. Me-manage diri sendiri adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap orang. Namun yang menjadi masalah, tidak semua orang menyadari akan pentingnya hal tersebut. Sebaliknya, karena tidak mampu mengelola diri sendiri mengakibatkan munculnya berbagai macam masalah, terutama dalam kehidupan sehari-hari.

Inti  Manajemen diri

Kata ini memang terbilang asing bagi sebagian orang. Tapi orang-orang yang bergelut dalam bidang psikologi atau juga manajemen, pasti mengerti hal seperti ini. Intinya Manajemen diri adalah sebuah proses dalam melakukan perencanaan, pengontrolan sumber daya, dan pengorganisasian dalam rangka memperoleh atau menghasilkan sesuatu yang ideal dengan efektif  dan efisien. Inti manajemen diri adalah mengatur atau mengelola segala sesuatu yang berkaitan dengan diri sehingga proses tercapainya tujuan yang ditetapkan berjalan sesuai  yang diinginkan. 

Contoh pengendalian diri

Ada banyak sekali contoh manajemen diri dalam kehidupan sehari-hari. Contoh yang paling mendasar, misalnya saja, Anda adalah seorang pelajar kelas IX atau kelas 9, yang ingin masuk ke SMA favorit. Maka Anda akan lebih giat belajar, dan ikut kursus belajar agar lulus ujian kelak dengan nilai sebaik mungkin sehingga dapat masuk ke universitas impian.

Dalam hal ini, Anda akan mulai membagi waktu, dan konsentrasi belajar, dan fokus pada tujuan yang ditetapkan. Mulai dari membagi waktu untuk belajar, bermain, dan yang lainnya. Selain itu, Anda juga harus mencari tahu tentang hal-hal yang berhubungan dengan universitas yang dituju tersebut.

Jadi ketika menghadapi ujian kelak, Anda akan jauh lebih siap, dan mampu menyelesaikan ujian dengan baik. Hasilnya tentu saja tujuan yang diinginkan tercapai.  

Bagaimana? Sudah siapkah Anda mulai mengelola diri sendiri? Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *