Enam Tips Jitu Menulis Surat Lamaran

Salah satu penyebab kegagalan pencari kerja adalah kesulitan dalam menulis CV dan surat lamaran. Pastikan Anda mengetahui hal-hal yang baiknya dituliskan dalam surat lamaran dan CV sebelum mengirimkan kepada perusahaan yang Anda incar. Artikel berikut ini akan membantu Anda untuk memberikan tips jitu penulisan surat lamaran dan CV yang tepat.

1. Tuliskan informasi yang relevan seperti alamat, email, tanggal lahir, nomor telepon yang dapat dihubungi, pendidikan terakhir, serta pengalaman kerja sebelumnya

2. Hobi atau minat yang tidak merujuk keketerampilan kerja yang diinginkan sebaiknya dihindari. Calon pencari kerja, terutama individu berpengalaman, harus memiliki informasi yang lebih menarik untuk dituliskan dalam surat lamaran. Tuliskan dengan jelas, detil dan lengkap kemampuan serta ketrampilan yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda incar.

3. Gunakan foto yang profesional, yakni foto dengan menggunakan pakaian yang formal dan rapi serta pastikan foto Anda tersenyum dan rileks.

4. Alasan meninggalkan pekerjaan sebelumnya sebaiknya tidak dituliskan dalam CV. Semua keputusan karir adalah milik Anda. Seebaiknya tidak perlu dituliskan segala hal dalam surat lamaran. Sampaikan alasan tersebut saat wawancara ketika ditanyakan kepada pihak perekrut.

5. Nama dan informasi kontak dari mantan atasan sebelumnya tidak diberikan jika tidak diminta. Berikan daftar terpisah referensi Anda ketika diminta. Jangan lupa untuk menginformasikan mantan atasan dan pimpinan Anda bahwa Anda menjadikan mereka sebagai referensi kepada pihak perekrut perusahaan yang Anda lamar.

6. Pastikan kemampuan pribadi yang dituliskan sesuai dengan kemampuan yang diminta dalam lowongan kerja. Selain itu, kemampuan seperti keahlian komputer, negosiasi, presentasi bisnis, desain dan sebagainya yang dapat menunjang profil Anda lebih baik lagi.

CV yang disusun dengan baik pasti akan memperlihatkan kelebihan seorang pelamar dibandingkan dengan pelamar lainnya.  Hal ini dapat membuat pelamar terlihat menjual/menarik di mata HRD, setiap harinya HRD menerima banyak sekali surat lamaran. Riset membuktikan HRD memiliki waktu rata-rata kurang dari satu menit untuk membaca sebuah CV. Bahkan ada perekrut yang hanya membutuhkan waktu enam detik per resume. Karenanya, penting untuk mempertimbangkan apa yang disarankan dan tidak disarankan dalam CV. CV yang tidak menarik memperkecil  peluang  pelamar  untuk lolos ke tahap berikutnya.  Membuat CV yang baik, benar, dan lengkap wajib diperhatikan oleh setiap pelamar jika ingin mendapatkan panggilan wawancara.

Sumber: https://bit.ly/2skA3DF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *