Teknik Mencari Kerja

Sebagai freshgraduate, Anda akan dihadapkan pada kerasnya mencari kerja di dunia nyata. Kompetisi dengan sesama lulusan, persyaratan akademik yang ketat, perusahaan yang mensyaratkan banyak hal, dan masih banyak tantangan lain lagi yang tidak terbayangkan oleh Anda.

Mencari pekerjaan bukanlah hal yang sepele. Anda harus tekun menjalankannya karena banyak saingan yang juga baru lulus. Status Anda dengan mereka sama, yakni freshgraduate yang belum memiliki pengalaman apa-apa di dunia kerja. Oleh sebab itu, Anda harus bertindak lebih dari mereka, seperti lebih gencar lagi untuk mempersiapkan diri mencari pekerjaan.

Bekerja sesuai latar belakang pendidikan masih jadi pilihan para lulusan baru atau freshgraduate. Dari riset yang dilakukan oleh Kalibrr, sebuah platform rekrutmen, sebanyak 279 dari 500 responden kalangan freshgraduate, bekerja sesuai bidang pendidikan. Sisanya, memilih bekerja di luar latar belakang pendidikan. Berikut inilah teknik mencari kerja untuk Anda yang sedang berburu pekerjaan dan membangun karir:

1. Persiapan

Dalam tahap ini, Anda perlu mengalokasi waktu mencari informasi lowongan kerja. Namun sebelumnya Anda sudah membuat catatan tentang apa tujuan kerja Anda dan Apa yang ingin Anda capai. Setelah catatan ini jadi, cari perusahaan yang menjadi tujuan Anda. Gunakan internet untuk mencari perusahaan idaman Anda, biasanya perusahaan besar juga menyediakan informasi lowongan kerja. Sebelumnya lakukan riset kecil-kecilan dengan membandingkan untung rugi perusahaan-perusahaan yang menjadi idaman Anda. Kaitkan juga dengan catatan pribadi Anda. Usahakan realistis dan ingat di luar sana juga banyak rekan Anda yang berburu pekerjaan, jadi persiapkan dengan sebaik mungkin diri Anda. Jangan hanya menggunakan satu media untuk berburu pekerjaan. Gunakan jaringan pertemanan, keluarga, koran, dan career days untuk mengejar karir impian Anda.

2. Rencanakan bagaimana Anda akan menjual diri Anda

Buat surat lamaran dan CV yang menarik. Munculkan sisi-sisi positif dalam diri Anda, banyak membaca buku tentang teknik-teknik wawancara yang efektif dll, melatih mental Anda untuk siap menerima yang terburuk dan siap untuk bangkit lagi.

3. Susun deadline dan target

Waktu Anda sangat berharga karena itu buat deadline dan target yang menantang tapi juga dapat tercapai. Berapa lamaran yang akan Anda kiri per-minggu, berapa banyak perusahaan dan organisasi yang akan Anda riset per-hari. Berapa jam sehari Anda gunakan untuk membaca buku-buku penambah motivasi, dsb. Dengan demikian Anda menjadi lebih fokus dan waktu Anda terkelola dengan baik.

Jadi tunggu apa lagi? Mulailah dari sekarang. Karir impian menunggu Anda.

 Sumber: https://bit.ly/2mv0Muj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *