Tipikal Rekan Kerja, Kamu yang Mana?

Mungkin akan banyak orang yang ditemui ketika telah terjun ke dunia kerja, sehingga, tipe-tipe orang yang berbeda-beda akan kita jumpai. Sebuah studi yang dilakukan oleh Today.com dan Self.com mengungkapkan bahwa 84% wanita memiliki teman yang dianggap ‘beracun’ dalam kehidupan mereka beberapa diantaranya ada di tempat kerja.

Apabila persahabatan dan hubungan di tempat kerja menjadi buruk, maka kinerja seseorang akan terpengaruh. Satu dari empat orang dalam survei tersebut mengatakan, persahabatan yang buruk di tempat kerja membuat situasi kerja menjadi tegang.

Cara yang terbaik untuk menghindari keretakan hubungan di lingkungan kerja bisa ditempuh dengan berbagai cara salah, satunya dengan mengidentifikasi tipe kepribadian rekan kerja. Berikut ini tipe rekan kerja yang bisa mendorong kita untuk menjadi lebih baik. Kamu termasuk tipe yang mana nih? 

Si bintang

Tipikal rekan ini sudah jelas popular layaknya seorang bintang. Kepopulerannya tersebut hasil dari kinerja yang baik dan membuat semua rekan kejanya terkagum, bahkan hingga disukai oleh atasan. Si bintang biasanya sering bikin iri dengan pesona yang ia miliki.

Si serba tahu

Di tiap kantor pasti ada setidaknya satu orang yang jadi sumber informasi karena mengetahui banyak hal, baik mengenai pekerjaan atau pun pengetahuan umum. Tipe rekan seperti ini adalah rekan kerja yang banyak diidamkan sekaligus rekan bersaing yang cukup kuat.

Si kepagian

Si kepagian adalah rekan yang akan kamu temukan di kantor meski kamu merasa sudah datang awal. Di setiap lingkungan kerja biasanya ada segelintir rekan yang masuk kategori ini. Kalau kamu perhatikan, yang menjadi keunikan si kepagian adalah sebagian besar dari mereka justru tinggal cukup jauh dari kantor.

Setelah mengulas tipikal rekan super yang selalu ada di kantor, sekarang kita tengok pula tipikal lainnya yang bisa dibilang berbeda 180 derajat.

Si hantu

Kebalikan dari si bintang, tipe ini kehadirannya hanya terasa samar-samar. Duduk terus di tempatnya, bicara seperlunya, makan sendiri, semua sendiri. Sedihnya, kadang kamu bahkan tidak menyadari kalau si hantu ini adalah rekan kerja kamu.

Si (merasa) serba tahu

Rekan yang serba tahu memang menjadi idaman, namun beberapa dari mereka terkadang hanya berlagak sok tahu. Nah, tipikal rekan kerja seperti ini adalah salah satu yang paling tidak disukai di kantor karena sering kali memamerkan pengetahuannya dan terkesan merendahkan yang lain.

Si jam karet

Di tengah aturan kantor-kantor yang melarang keras karyawannya untuk terlambat, tipe ini tenyata masih banyak ditemukan. Masuk jam berapa pun, si jam karet tetap terlambat. Kalau kamu masuk tipikal ini, segera benahi diri Sobat, sebelum atasan jengah melihat kebiasaan buruk kamu.

Sumber: https://bit.ly/2lJmpGg dan  https://bit.ly/2k4uepC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *