Tidak Perlu Takut! Lakukan Ini Pada Persaingan Kerja di Kantor

“Competition is not only the basis of protection to the consumer, but is the incentive to progress.” — Herbert Hoover

Persaingan adalah hal yang mustahil dihindari dalam kehidupan. Setiap orang menghadapi persaingan dengan cara yang berbeda-beda. Beberapa menjadi terpacu untuk meraih hasil maksimal, sementara yang lain merasa gentar dengan aura persaingan yang pekat. Namun, cara terbaik untuk menghadapi persaingan adalah menaklukkannya.

Persaingan memiliki sisi positif dan negatif tersendiri. Di dunia kerja, persaingan kerja bisa memacu seseorang melakukan pekerjaannya sebaik mungkin dan berkontribusi lebih untuk perusahaan. Sisi positif lainnya adalah persaingan kerja berperan sebagai alat seleksi alam, di mana yang tidak kompeten akan ketinggalan jauh dari yang berprestasi.

Di perusahaan apa pun, persaingan antar rekan kerja pasti akan selalu ada. Ini akan menuntut kita untuk terus meningkatkan kemampuan agar tidak tertinggal dalam persaingan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar tetap dapat bersaing dengan rekan-rekan Anda. Disarikan dari konsultankarir.com

1. Selalu positif!

Jika Anda ingin sukses, Anda harus menghadapi persaingan ketat yang ada di dunia kerja. Jadikan persaingan sebagai motivasi untuk terus meningkatkan skill-mu. Anggaplah persaingan sebagai sesuatu yang bagus untuk perkembangan Anda dan rekan kerja yang akan berguna untuk kemajuan perusahaan.

2. Fokus mengembangkan keahlian

Daripada Anda hanya mengagumi keunggulan rekan kerja di kantor, akan lebih baik jika Anda fokus meningkatkan kemampuan Anda sendiri. Carilah hal yang menjadi kelebihan Anda dan teruslah meningkatkan hal tersebut.

3. Anggap rekan kerja sebagai teman, bukan saingan

Meski tetap bersaing, Anda dan rekan tetap harus bekerjasama untuk kemajuan perusahaan bukan? Suasana persaingan yang terlalu besar bisa membuat lingkungan kerja Anda tidak terasa nyaman, lho. Karena itu, jangan selalu menganggap rekan kerja sebagai saingan. Jadikanlah mereka teman. Jangan ragu untuk meminta bantuan mereka jika Anda mengalami kesulitan. Begitu pula sebaliknya, bantulah mereka saat mereka membutuhkan bantuan.

4. Tetap bersaing secara sehat

Bersaing itu boleh, selama masih dilakukan dengan cara yang sehat. Selain bisa menjadi motivasi setiap karyawan untuk bekerja lebih maksimal, persaingan yang sehat juga bisa bangun hubungan baik antar karyawan. Ikutilah permainan, tapi jika permainan sudah tidak sehat, keluarlah.

5. Jadi pengamat rekan kerja

Mengamati rekan kerja sebenarnya adalah hal yang bagus. Dengan memperhatikan kekurangan dan kelebihan rekan kerja, Anda bisa belajar untuk meningkatkan kinerja.

6. Belajar dari kesalahan

Ketika Anda merasa gagal, jangan hanya berdiam dan mengeluh. Belajarlah dari kesalahan. Semua hal membutuhkan proses, namun Anda butuh rasa percaya diri dan keyakinan untuk berhasil agar proses itu berjalan dengan baik.

Dengan menerapkan cara di atas, Anda akan lebih mampu bersaing dengan rekan kerja Anda. Mudah bukan?

Sumber: https://bit.ly/2lY8LiC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *