Tips Bangkit dari Kegagalan

“Progress always involves risk; you can’t steal second base and keep your foot on first.” — Frederick Wilcox

Terkadang kita menjadi pribadi yang terlalu memikirkan masa lalu, kegagalan, pengalaman buruk, dan pengalaman-pengalaman yang tidak meyenangkan. Hal itulah yang justru membuat diri kita menjadi orang yang sulit berkembang. Masa lalu tidak dapat mengubah masa depan.  Tidak dapat dipungkiri kegagalan merupakan hal yang biasa terjadi dalam kehidupan dan karir profesional, baik itu gagal melakukan tugas yang diberikan, gagal menjalankan usaha, termasuk gagal mendapatkan promosi. Artikel berikut ini  membantu Anda untuk melupakan kegagalan dan bangkit dari rasa kecewa:

1. Cari inspirasi dan kreativitas

Pada awalnya memang nampak sulit untuk bisa bangkit kembali dari kegagalan atau melupakan rasa kecewa, namun untuk bisa bangkit dari kegagalan, penting menemukan inspirasi dan kreativitas yang bisa membantu kita melupakan rasa kecewa sebelumnya. Pelajari kembali hal-hal yang mungkin dilewatkan dari kegagalan sebelumnya kemudian coba temukan kreativitas dan ide-ide baru yang bisa membantu Anda bangkit kembali dengan mencoba menerapkan kreativitas Anda.

2. Mendekatkan diri dengan teman dan keluarga

Saat Anda sedang mengalami hal yang tidak menyenangkan di kantor, misal PHK secara sepihak di perusahaan dan hal-hal negatif lainnya, biasanya Anda akan berpaling kepada keluarga dan teman dekat untuk mencurahkan isi hati dan meringankan beban. Teman dekat dan keluarga bisa menjadi orang pertama yang membantu Anda kembali ceria dan termotivasi saat mereka memberikan motivasi yang menguatkan. Mulai dari menawarkan bantuan, mencarikan pekerjaan baru hingga memberikan rekomendasi untuk enemukan kembali pekerjaan yang diinginkan.

3. Pengalaman yang berharga

Kegagalan adalah guru yang paling berkualitas, karena saat kita berhasil bangkit dari kegagalan, kegagalan  tersebut berarti telah mengajarkan kita cara melewati kegagalan. Kegagalan  menjadi guru yang paling efektif untuk membantu kita belajar dan mengoreksi semua kesalahan yang telah dibuat. Pengalaman yang Anda alami sendiri merupakan pengalaman yang paling berpengaruh terhadap keputusan yang akan Anda ambil selanjutnya.

4. Temukan potensi dan peluang lain

Jika Anda merasa telah gagal dalam pekerjaan atau usaha yang sebelumnya telah dilakukan, mungkin kesempatan ini merupakan waktu yang berharga untuk Anda menemukan potensi dan peluang baru. Bisa diawali dengan mencari pekerjaan baru yang berbeda dengan pekerjaan Anda sebelumnya, atau mencari ide serta kreativitas lainnya yang saat ini sudah ada pada diri Anda, namun belum digali secara maksimal. Temukan potensi dan peluang baru tersebut sebaik mungkin.

Dunia karir atau dunia kerja bisa sangat jauh berbeda dari bayangan kita masalah baru bermunculan. Tantangan yang lebih besar juga selalau ada. Dan kegagalan yang kita terima saat berada di dunia karir terkadang bisa menjadi kegagalan yang paling berat. Walaupun kegagalan merupakan hal yang paling ditakuti oleh banyak orang, kita haruslah mampu menghadapinya agar mampu move on atau bangkit dari kegagalan dan mencapai kesuksesan. Memang tak semudah membalikkan telapak tangan untuk bangkit dari kegagalan, namun tidak mustahil, selama kita mau berusaha dan semangat.

Sumber: https://bit.ly/2MqhBSr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *