Sikap Tepat Saat di ‘Persimpangan’ Karir

“Don’t be afraid to take a big step if one is indicated. You can’t cross a chasm in two small jumps.” — David Lloyd George

Anda sedang berada dalam posisi tidak pasti dalam karir Anda? Mau lanjut atau berganti karir? Bingung mesti berbuat apa? Setelah meniti karir bertahun-tahun dan berada dalam posisi yang tidak berkembang, mungkin saat ini Anda memiliki niat untuk meninggalkan pekerjaan. Anda mulai merasakan stagnansi karir, merasa pekerjaan tidak sesuai dengan minat dan passion Anda, sudah tidak ada tantangan lagi, dst. Namun demikian, Anda juga tidak ingin asal saja memutuskan untuk berganti karir. Bagaimanapun berganti karir tentunya membutuhkan pemikiran dan pertimbangan yang mendalam.

Nah apa yang harus dipersiapkan agar mampu menjalani proses di ‘persimpangan jalan’ dengan tepat sehingga tidak menimbulkan gejolak yang tidak perlu? Berikut ini disajikan tips ringkas.

Optimis dan realistis

Bekerja dan melakukan hal yang itu-itu saja untuk sekian lama memang berisiko menyebabkan kejenuhan. Ketika pekerjaan yang dijalani sekarang sudah terasa membosankan, maka coba mencari tahu seputar pekerjaan lain yang bisa Anda lakukan. Meski bosan atau jenuh, Anda tidak harus berpindah perusahaan. Sebagai langkah awal, mungkin Anda bisa mencari informasi dan melirik posisi di divisi lain yang pas untuk Anda. Apapun yang Anda rasakan sekarang ini, Anda tetap harus bekerja dan tidak serta merta membuat keputusan yang akan merugikan diri sendiri. Realistis sekaligus juga optimis diperlukan untuk mampu melihat peluang-peluang baru yang tersedia.

Tentukan keinginan

Tentukan apa yang menjadi keinginan Anda dan tetapkan batasan-batasan Anda. Misal, jika Anda tidak suka pekerjaan administratif, tentunya pekerjaan sejenis yang sifatnya rutin dan monoton tidak akan Anda pertimbangkan. Dapatkan pemahaman tentang keinginan Anda secara jelas dan spesifik, lalu lakukan upaya-upaya untuk mencari tahu bagaimana keinginan tersebut bisa terwujud. Bisa jadi Anda meminta untuk ditempatkan di posisi lain di perusahaan Anda saat ini.  Bisa jadi juga Anda hanya perlu melihat pekerjaan Anda saat ini dengan perspektif yang baru dan lebih segar, misal Anda bisa menemukan cara-cara unik yang bisa membuat tugas-tugas dari pekerjaan Anda saat ini bisa kembali menyenangkan.

Intinya Anda yang harus proaktif mengenali keinginan dan membuka mata untuk dapat menemukan dimana tempat yang pas untuk menyalurkannya.  Ini adalah langkah positif yang akan mendorong karir Anda bisa berkembang di masa depan.  Lakukan upaya implementatif agar keinginan tersebut tercapai dengan menetapkan batasan waktu. Hal ini agar Anda merasa tertantang dan berupaya memacu diri sendiri, sekaligus juga mendorong Anda untuk membuat kemajuan-kemajuan kecil yang bermanfaat.

Dengan tetap optimis, realistis, dan memahami keinginan diri sendiri, Anda sudah membangun sikap yang tepat saat berada di persimpangan jalan. Namun demikian, jika Anda merasa sudah saatnya berpindah pekerjaan atau berganti karir baru dan Anda tidak tahu bagaimana caranya, segera minta bantuan profesional, misalnya seorang career coach. Seorang career coach akan membantu, membimbing, dan mendukung Anda secara sportif dalam proses perubahan yang akan Anda jalani. Hal ini tentunya akan menghemat waktu dan tenaga Anda. Disamping juga, Anda akan lebih termotivasi lagi karena mendapatkan bantuan dari ahli yang kompeten.

Selamat berkarir!  Sumber: https://bit.ly/2KLMc9B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *