Apa yang dicari Generasi Milenial dalam Bekerja?

Sekarang ini, banyak perusahaan yang ingin merangkul generasi milenial sebagai tenaga kerja. Namun, generasi ini cenderung pemilih dalam menentukan jalan karir.  Stigma itu juga didukung oleh hasil survei yang dilakukan oleh situs pencarian kerja Jobstreet.com pada 2015 lalu. Hasilnya, survei tersebut menunjukkan sekitar 65,8 persen generasi milenial memilih untuk meninggalkan pekerjaannya setelah bekerja selama satu tahun. Hal ini memberi tantangan tersendiri bagi perusahaan untuk menarik perhatian generasi milenial.

Berikut ini hal-hal yang dapat menarik minat generasi ini agar betah di perusahaan:

1. Ilmu dan kesempatan

Teknologi sedikit banyak telah mengubah pola pikir generasi milenial. Tidak lagi hanya melihat gaji, mereka juga cenderung mengamati peluang mendapatkan ilmu baru dan peluang karir yang bisa didapatkan dari bekerja dengan perusahaan.

2. Fasilitas santai di kantor

Kebanyakan dari generasi ini mengusung moto work hard, play hard. Maka dari itu, perusahaan yang paling menarik minat milenial adalah perusahaan yang menawarkan fasilitas kantor untuk bersantai atau bahkan bermain sejenak.

3. Fleksibilitas waktu

Penawaran waktu kerja yang fleksibel akan langsung menarik perhatian generasi milenial.  Ini memungkinkan mereka melakukan banyak hal pribadi dan mengatur jadwal masing-masing. Hal ini sangat sesuai untuk menghadapi sifat “keras” akan kebebasan dan petualang yang dimiliki para milenial.

4. Tunjangan Kesehatan

Dibanding generasi sebelumnya, generasi milenial memiliki angka depresi yang terbilang tinggi, yaitu 20%.  Banyak milenial mulai menaruh perhatian lebih pada aspek ini, dengan menjaga kesehatan secara ekstra. Keanggotaan gym adalah salah satu fasilitas kesehatan paling umum yang memikat mereka di samping asuransi kesehatan atau BPJS Kesehatan.

Kehadiran para milenial di tempat kerja membawa warna tersendiri bagi perusahaan. Bagi bisnis yang siap, milenial dapat menjadi sebuah aset tersendiri bagi perusahaan — berkat talenta serta pribadi generasi milenial yang dinamis menghadapi segala perubahan.

Milenial memandang dunia secara berbeda dan ingin menciptakan dunia yang berbeda pula. Oleh karena itu, memahami mereka seiring perubahan dan pertumbuhan yang cepat ini bisa membantu perusahaan memaksimalkan potensi mereka.

Sumber: https://bit.ly/2KcwCUd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *