Perusahaan Besar vs Perusahaan Kecil: Mana yang Lebih Baik untuk Bekerja?

Apakah Anda sedang mempertimbangkan tawaran dari perusahaan besar dan perusahaan kecil pada saat yang sama? Dilema ini memang sering terjadi. Bekerja di perusahaan besar maupun kecil ternyata dua-duanya mempunyai plus dan minus. Antara lain;

Perusahaan besar biasanya memberi gaji yang lebih baik dan juga standar benefit lain yang lebih baik, seperti : tunjangan kesehatan, transportasi, dan cuti yang dibayar. Apabila sampai dipecat, kemungkinan paket PHK-nya sangat menggiurkan. Sementara perusahaan kecil memberikan keleluasaan dalam bekerja, seperti jam kerja yang fleksibel, tidak ada aturan berpakaian yang ketat, tidak banyak aturan, bahkan bisa membawa anak ke kantor, dll.

Bekerja di perusahaan kecil cenderung memberikan kesempatan berhubungan lebih dekat dengan rekan sekerja, dan hubungan baik seperti ini akan sangat membantu bagi kemajuan perusahaan.

Bekerja di perusahaan kecil juga memberi lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan pengalaman yang lebih personal. Hal lain lagi, bila perusahaan berkembang pesat, Anda mendapat lebih banyak peluang untuk dipromosikan.

Perusahaan besar cenderung memberikan peluang lebih banyak untuk bepergian dan pelatihan formal. Kebijakan dan prosedur yang sudah jelas, juga mempermudah pekerjaan. Divisi HR juga membantu bila Anda mempunyai masalah dengan atasan atau bawahan. Terdapat juga peluang lebih besar untuk dipindahkan ke departemen lain dan mempelajari hal-hal baru.

Perusahaan besar biasanya telah memiliki struktur pekerjaan yang rapi, maka apa yang diharapkan dari Anda sudah jelas. Bekerja di perusahaan besar berarti ada orang lain yang menggantikan Anda apabila Anda perlu cuti untuk berlibur atau apabila Anda sakit. Biasanya juga lebih banyak peluang untuk memimpin proyek-proyek yang lebih besar. Dan apabila Anda menyebut nama perusahaannya ketika Anda ditanya bekerja di mana, biasanya orang-orang sudah pernah mendengar nama perusahaan itu.

Terkadang kalau bekerja di perusahaan kecil, Anda bisa saja diminta melakukan pekerjaan yang sangat remeh, sesuatu yang mungkin tidak akan pernah terjadi di perusahaan besar. Dan jangan lupa, karena Anda lebih dekat pada pemilik perusahaan, Anda dipandang sebagai seorang yang menerima uang langsung dari saku mereka. Semakin strategis pekerjaan Anda, semakin besar kemungkinan  mendapatkan posisi strategis ke depannya.

Ada yang berpendapat, agak sulit bagi Anda yang sudah lama bekerja di perusahaan kecil untuk pindah ke perusahaan besar. Karena sulit bagi Anda untuk belajar dari awal perilaku di organisasi besar yang sudah amat terstruktur. Perusahaan besar dengan jumlah karyawan yang sangat banyak juga biasanya menjadi lingkungan yang politis. Akan tetapi hal ini dapat menjadi nilai tambah setelah Anda sudah menguasai lingkungan politis tersebut.

Nah sekarang, sudah ada bahan pertimbangan sebelum Anda mengambil keputusan. Apapun pendapat orang, itu semua bersifat subyektif dan cenderung menggeneralisasi. Anda harus mempertimbangkan semua daftar pro dan kontra dalam konteks Anda sendiri.

Sumber:  https://bit.ly/2SgihKl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *