Bagaimana Cara Mengukur Kemampuan Saya?

Sebelum menulis CV dan melamar pekerjaan, sangat penting untuk mengetahui nilai jual kita dan apa yang akan membuat sebuah perusahaan mau mempekerjakan kita.  Kita harus bisa menemukan keterampilan dan kekuatan utama, sehingga apabila ditanya bisa menjawab dengan baik.

‘Jualan’ diri dapat dibagi menjadi: Pengetahuan (knowledge), Keterampilan (skill) dan Kemampuan (ability) dan Kompetensi (competency).

Mari kita bahas satu per satu:

1. Pengetahuan, Keterampilan dan Kemampuan

Untuk membantu, buatlah daftar tentang:

a. Apa yang Anda ketahui: tentang industri, tentang pekerjaan yang Anda lamar, pengetahuan khusus tentang pekerjaan

b. Apa yang bisa Anda lakukan: kualifikasi khusus, kompetensi-kompetensi Anda

c. Apa yang pernah Anda kerjakan: pengalaman kerja dalam bidang itu, dan pengalaman bekerja secara umum. Tanyakan pada teman atau kerabat tentang kualitas-kualitas terbaik Anda dan mintalah mereka mendeskripsikan Anda. Ini akan memberi Anda gambaran bagaimana orang lain mempersepsikan Anda dan membuat Anda lebih sadar tentang bagaimana penampilan Anda. Hal ini akan memberikan pengalaman berharga sehingga Anda bisa mengubah persepsi buruk sebelum Anda masuk dalam proses seleksi.

2. Kompetensi

Banyak organisasi menggunakan kompetensi dalam merekrut karyawan. Kompetensi didefinisikan sebagai motif, keterampilan, aspek dari citra diri seseorang atau peran sosial, atau sejumlah pengetahuan. A motive, skill, aspect of one s self-image or social role, or a body of knowledge (McClelland, 1973)

Kompetensi yang dicari organisasi biasanya adalah:

a. Keterampilan Komunikasi Antarpersonal/Interpersonal Communication Skills

Ini meliputi interaksi, mendengarkan, dan bercakap-cakap dengan orang lain dalam rangka mengembangkan dan mempertahankan hubungan dengan mereka. Termasuk juga dalam keterampilan ini adalah kemampuan memberi nasihat pada orang lain, menawar, negosiasi, mempengaruhi dan memotivasi orang lain dalam pekerjaan. Keterampilan ini termasuk komunikasi verbal dan non-verbal, menulis maupun keterampilan berpresentasi.

b. Bekerja dalam Team/Team Working

Team Working berarti bekerja bersama orang lain untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, aktivitas, atau proyek. Kemampuan bekerja dalam team biasanya melibatkan kemampuan komunikasi karena partisipasi dalam team seringkali memerlukan kemampuan mempengaruhi dan persuasi, negosiasi dan tawar-menawar, sambil memelihara kerjasama dan bukan persaingan dengan anggota team yang lain.

c. Kemampuan Merencanakan dan Berorganisasi/Planning and organisation

Kemampuan ini meliputi persiapan untuk memastikan semua faktor sudah dipertimbangkan, mencari dan mengkomunikasikan informasi yang berhubungan kepada orang lain, dan mengevaluasi semua fakta yang ada. Ini juga meliputi kemampuan berkoordinasi dengan orang lain dengan cara yang sistematis, logis, dan terarah dengan perhatian yang tinggi pada detail.

d. Kemampuan Memecahkan Masalah/Problem Solving

Problem Solving mulai dari mengidentifikasikan adanya masalah kemudian mendefinisikan masalah tersebut dengan akurat, dilanjutkan mengevaluasi informasi yang berhubungan dengan masalah, mengumpulkan dan mengevaluasi solusi-solusi yang mungkin, menerapkan solusi tersebut, hingga memonitor efektivitas tindakan dengan menentukan obyektif dan milestone.

e. Kemampuan Adaptasi dan Ketahanan

Yang dimaksud adalah kemampuan menghadapi informasi yang ambigu dan saling konflik, menangangi konflik dan mempertahankan tingkat kinerja yang tinggi dalam suasana yang cukup menekan. Ini juga termasuk mampu mengatasi tuntutan perubahan atau hal-hal yang tidak terduga, dengan adanya fleksibilitas personal, asertifitas, kepercayaan diri, antusiasme, sikap yang reponsif, objektif, bersemangat, dan kepandaian mengambil keputusan.

Mempersiapkan ‘key selling Points’ Anda sangat penting sebagai persiapan menghadapi proses seleksi. Hal inilah yang akan membuat Anda menonjol dan istimewa dibanding yang lain.

Dengan menggali dan mengenali kemampuan Anda seakurat mungkin, Anda sudah mempunyai jawaban atas pertanyaan: Mengapa kami harus memberi Anda pekerjaan?

Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *