3 Cara Tepat Dapat Kerja Lewat Facebook dan Twitter

Saat ini kita hidup dimana sosial media menjadi pusat perhatian dalam kehidupan sehari-hari. Tidak heran jika sosial media seperti Facebook dan Twitter menjadi media yang paling banyak digunakan oleh pencari kerja, untuk menawarkan diri dan perusahaan yang kemudian menyambut sosial media untuk menghadirkan posisi yang dibutuhkan.

Namun demikian terdapat beberapa langkah dan cara yang baiknya dilakukan untuk bisa mendapatkan pekerjaan melalui sosial media. Bukan sekedar menuliskan status di timeline yang berisikan “saya butuh pekerjaan,” namun ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan melalui sosial media seperti Facebook dan Twitter.

1. Lakukan inisiasi

Saat ini hampir sebagian besar kalangan millennial memilih untuk bekerja diperusahaan startup hingga menjadi freelancer dibandingkan bekerja di perusahaan konvensional, dan sebagian besar dari mereka memanfaatkan sosial media seperti Facebook dan Twitter untuk mendapatkan kesempatan tersebut. Jika saat ini Anda telah memiliki cukup banyak teman dan koneksi di sosial media coba cermati informasi terkait lowongan pekerjaan yang mungkin tersedia. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti akun Facebook atau Twitter perusahaan yang Anda incar, demi mendapatkan informasi terkini tentang adanya lowongan pekerjaan. Jangan ragu untuk melakukan inisiasi dengan pihak terkait. Ketika Anda melihat lowongan pekerjaan dari teman atau orang lain di sosial media, peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan bisa terbuka lebar.

2. Mengikuti akun sosial media komunitas

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti akun sosial media komunitas yang terkait dengan pekerjaan Anda. Misalnya jika Anda menguasai SEO, digital marketing atau PR, cobalah untuk mencari tahu apa saja komunitas yang ada di Twitter dan Facebook kemudian ikuti akun tersebut. Nantinya dengan mudah Anda akan menjadi orang pertama yang mengetahui adanya lowongan pekerjaan di posisi yang Anda incar. Selain itu Anda juga bisa berkenalan dengan lebih banyak orang-orang yang kemungkinan besar bisa menawarkan posisi pekerjaan yang menjanjikan.

3. Tunjukkan keinginan Anda

Tentunya boleh saja jika Anda ingin menyampaikan keinginan Anda secara umum melalui status di sosial media, meskipun terlihat berlebihan namun cara ini bisa jadi cara yang sukses untuk mendapatkan pekerjaan. Cobalah bagikan keinginan Anda untuk mengganti pekerjaan atau mencari pekerjaan idaman, dengan demikian teman-teman terkait hingga pihak-pihak lainnya yang terkoneksi dengan sosial media Anda bisa langsung mengetahui dan jika beruntung bisa saja peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan bisa Anda raih.

Cara lain yang juga bisa digunakan untuk mempromosikan diri yaitu dengan menggunakan LinkedIn yang saat ini telah terbukti mejadi sosial media paling efektif untuk mendapatkan pekerjaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *