5 Cara Mudah Menciptakan Produktifitas Kerja

 

Anda selalu ingin melakukan yang terbaik untuk segala tugas yang Anda kerjakan di kantor? Produktivitas di tempat kerja akan terbangun apabila diawali dengan motivasi dari diri Anda sendiri. Dengan motivasi diri, Anda bisa meminimalisir perasaaan jenuh dan stres ketika dihadapkan pada pekerjaan berat di kantor. Berikut adalah lima cara ampuh yang bisa meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

1. Ada yang perlu diubah dari tampilan meja kerja Anda

Meja kerja bukan sekedar tempat kita bekerja. Kadang dalam hati Anda, pasti merasa meja kerja Anda terlihat membosankan. Kondisi meja yang berantakan, penuh dengan kertas-kertas file, catatan-catatan kecil Anda, sampai dengan persediaan cemilan Anda. Alangkah lebih baiknya ubah tampilan meja kerja Anda dengan menambahkan benda-benda dengan warna yang lebih menenangkan dan menyenangkan, sehingga mood Anda secara otomatis akan meningkat. Juga, bawalah benda-benda yang bisa membangkitkan motivasi Anda, seperti foto orang tua, keluarga, atau bahkan pasangan Anda.

2. Berbincang rekan kerja itu perlu

Berbicara sejenak dengan tim atau rekan kerja lainnya bisa membuat Anda merasa lebih semangat dalam bekerja. Anda bisa meluangkan sedikit waktu Anda untuk berbincang tentang pekerjaan dengan rekan atau atasan Anda, dan kemudian mencari solusi untuk pekerjaan yang sedang Anda tangani dalam keadaan santai. Selain membuat Anda termotivasi, komunikasi ini akan menjalin kedekatan dan keterbukaan antar rekan kerja.

3. Sedikit rapat, tetapi banyak aksi

Waktu untuk Anda bekerja perlu diperhitungkan. Melakukan diskusi, pembicaraan, analisis, laporan kemajuan perusahaan, itu semua memang penting, tetapi Anda perlu memperhatikan pula waktu untuk mengerjakan pekerjaan Anda. Cobalah untuk menjaga efisiensi waktu rapat dan membahas agenda secara to the point sehingga Anda dan tim bisa menghemat lebih banyak waktu. Meeting less, do more!

4. Memberi reward kepada tim Anda

Penghargaan atas apa yang telah meraka lakukan atau kerjakan pasti diharapkan semua orang, termasuk tim Anda. Coba gunakan teknik reward untuk memupuk loyalitas tim. Berikan bonus dan promosi untuk karyawan yang telah bekerja keras dan punya banyak prestasi. Hal itu akan membuatnya lebih bersemangat dalam bekerja.

5. Memberi tugas yang berbeda-beda

Mencoba tugas atau pekerjaan yang lain merupakan hal yang tidak ada salahnya. Meskipun setiap orang telah mendapatkan tugas yang disesuaikan dengan keterampilan mereka, namun ada baiknya untuk tetap bertukar tugas antara satu dengan lainnya. Dengan mengerjakan tugas yang berbeda setiap minggunya, karyawan akan dapat menguasai banyak hal dan merasa tidak bosan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *