Dapat Undangan Interview? Kenali Dulu Jenis-Jenis Interview Berikut!

Sedang mempersiapkan diri untuk interview? Sebelum menghadapinya, ada baiknya kamu mengenal jenis interview kerja yang sering digunakan oleh perusahaan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Interview empat mata

Interview empat mata adalah jenis interview yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan perusahaan. Empat mata atau ‘one-on-one’ berarti kamu akan berhadapan dengan satu pewawancara.

2. Interview panel

Untuk interview panel, kamu akan menghadapi beberapa pewawancara sekaligus. Biasanya pewawancara ini akan berasal dari divisi atau posisi yang berbeda. Bahkan bisa juga kamu langsung berhadapan dengan HRD, manager, dan user dalam satu sesi interview.

3. On the spot interview

Kamu pernah melakukan atau melihat temanmu melakukan interview di acara job fair? Interview seperti inilah yang disebut on the spot interview. Interview jenis ini biasanya dilakukan dengan waktu yang relatif singkat karena waktu job fair yang terbatas.

4. Phone interview

Seperti namanya, dalam interview ini perusahaan akan menghubungi kamu melalui telepon. Interview ini sering digunakan sebagai alternatif jika pewawancara berhalangan untuk melakukan interview secara langsung.

5. Interview sambil makan siang

Dalam interview ini, kamu akan diundang untuk makan siang bersama anggota perusahaan. Meski terkesan santai, interview ini sama pentingnya dengan interview lain. Para pewawancara akan menggali kemampuan komunikasi kamu lewat proses interview sambil makan siang.

Dengan mengetahui jenis wawancara yang biasa dilakukan oleh perusahaan, kamu bisa lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi interview apapun yang mungkin kamu hadapi. Jika kamu lebih siap, kamu jadi bisa menjawab pertanyaan interview dengan lebih maksimal, deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *