Seperti apakah masa depan dunia kerja?

Future of work sudah menjadi konsep yang seringkali muncul dalam artikel-artikel HR akhir-akhir ini.

Future of work atau masa depan kerja digambarkan sangat berbeda dengan kondisi saat ini. Bisa dibilang saat ini kita berada dalam masa transisi. Pekerjaan-pekerjaan bersifat konvensional masih ada, namun pekerjaan-pekerjaan yang dipicu oleh perkembangan dunia teknologi sudah mulai tumbuh.

Masa depan digambarkan dengan makin banyak penggunaan robot dalam berbagai industri, makin banyak pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan skill spesifik terkait teknologi, big data menjadi issu yang hot sehingga data scientist akan menjadi profesi masa depan yang sangat dibutuhkan.

Masa depan dunia kerja sangat berbeda dengan yang berkembang dalam 50 tahun terakhir ini. Profesi-profesi konvensional yang saat ini membanggakan seperti menjadi banker, perencana keuangan, auditor/akuntan, insinyur, akan menjadi usang karena nantinya pekerjaan-pekerjaan dari profesi tersebut bisa dilakukan oleh teknologi yang terus berkembang.

Pekerjaan atau profesi yang berkembang di masa depan adalah pekerjaan yang sangat berkaitan dengan aspek manusia dan relationship-nya, manusia dengan sisi emosionalnya. Saat ini saja sudah terlihat bagaimana pergeseran peran HR yang tadinya hanya sekedar support menjadi business partner bagi CEO.

Seperti apakah masa depan dunia kerja itu? Nantikan dalam tulisan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *